Sukses


Dorna Terapkan Teknologi Baru pada MotoGP Jerman

Bola.com, Sachsenring - Dorna Sports, selaku operator MotoGP, menerapkan teknologi baru pada balapan musim ini. Para pebalap MotoGP nantinya akan menerima pesan lewat virtual pit board.

Teknologi ini akan mulai digunakan pada balapan MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, akhir pekan ini. Cara kerja virtual pit board ini bisa dibilang mirip dengan short message service (SMS) pada telepon seluler. Kru masing-masing pebalap bisa mengirimkan pesan singkat di dashboard motor para rider.

Teknologi baru ini sudah mendapat lampu hijau dari Komisi Keselamatan MotoGP dengan beberapa opsi yang sudah terdaftar, seperti adanya penalti atau pebalap yang akan mendahului. Setiap tim tidak bisa sesuka hati menulis yang mereka suka.

"Komisi Grand Prix sudah menyetujui pesan dari virtual pit board," ucap Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, dikutip dari Crash, Jumat (30/6/2017).

Webb mengatakan, virtual pit board sudah dinyatakan aman sejak gelaran MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, pekan lalu. Valentino Rossi dan kawan-kawan juga sudah menggunakan teknologi baru ini sejak awal musim pada sesi latihan bebas.

"Sejak awal tahun sudah dipakai sejak sesi latihan bebas, tapi tidak diperbolehkan pada kualifikasi dan balapan sampai semua orang menyetujuinya. Sekarang, perangkat lunak itu sudah disetujui," kata Webb.

"Ketika balapan di Assen, semua pebalap mengatakan mereka terbantu dengan adanya pesan ini. Bahkan, yang tidak membutuhkannya juga tak merasa terganggu. Setelah pebalap mengatakan mereka sangat puas, itu merupakan bagian akhir keputusannya. Virtual pit board sudah siap diluncurkan pada MotoGP Jerman," ujarnya mengakhiri. (Artikel asli ditulis Cakrayuri Nuralam/diedit Fadjriah Nurdiarsih dan Windi Wicaksono/Liputan6.com)

 

Video Populer

Foto Populer