Sukses


3 Hewan Penyusup yang Menghebohkan Lintasan MotoGP

Bola.com, Jakarta - Ajang MotoGP merupakan gelaran yang paling banyak ditonton penikmat dunia balap di seluruh dunia. Tak sedikit dari mereka yang sengaja pergi ke sirkuit hanya untuk menyaksikan penampilan idolanya.

Tapi di luar dugaan, ada penyusup yang berusaha untuk mengacaukan gelaran MotoGP. Ini tidak ada kaitannya dengan tindakan teroris melainkan hewan yang secara tak terduga datang ke sirkuit.

Kehadiran mereka seperti tamu tak diundang dalam sebuah acara. Meski begitu, balapan tentu harus dilanjutkan meski dihebohkan tamu tak diundang ini.

Keberadaan hewan di sekitar trek terkadang menimbulkan masalah, sehingga sesi latihan atau kualifikasi terpaksa ditunda. Tapi tidak semua hewan yang berada di sirkuit mengganggu jalannya balapan.

Apa saja tamu tak diundang yang sempat menghebohkan MotoGP?

2 dari 4 halaman

1. Burung Camar Laut (Seagull)

Sirkuit Phillip Island bisa dikatakan merupakan lintasan balap kuda besi yang selalu memberikan tantangan pada pembalap. Apalagi trek tersebut berdekatan dengan pelabuhan, sehingga tak jarang banyak burung camar laut yang suka terbang di sekitar sirkuit.

Kejadian memilukan terjadi pada tahun 2015 ketika Andrea Iannone menewaskan burung camar yang sedang berjemur di atas lintasan. Dengan kecepatan 200 km/jam, si burung camar tak sempat menghindar sehingga tabrakan tak terelakkan.

Peristiwa itu menyebabkan kepala motor Iannone sampai berlubang. Bagian yang rusak dari Desmosedici GP15 adalah fairing kepala motor sebelah kanan. Namun dengan motor rusak Iannone masih bisa merebut posisi ketiga dengan finis di belakang Jorge Lorenzo.

3 dari 4 halaman

2. Kadal

Pada tahun yang sama (2015), gelaran MotoGP juga terganggu dengan kehadiran hewan. Kali ini, hewan kadal yang mencoba mengganggu kecepatan motor Valentino Rossi pada sesi kualifikasi di Sirkuit Sepang.

Sesi kualifikasi yang dianggap sakral oleh pembalap lantaran harus memacu kecepatan maksimal demi mendapatkan posisi ideal pada balapan. Tapi seorang fotografer ternyata sempat mengabadikan kejadian aneh saat seekor kadal berada di lintasan.

Takdir pun berkata lain, kadal itu akhirnya tewas setelah dia terlindas saat terjebak di dekat motor Roberto Rolfo.

4 dari 4 halaman

3. Anjing

Pihak penyelenggara biasanya akan menunda latihan bebas, kualifikasi, atau balapan jika kondisi cuaca di sirkuit mulai ekstrem. Tapi bedanya kali ini adalah penundaan itu dilakukan lantaran ada seekor anjing yang mendadak masuk ke lintasan.

Peristiwa itu terjadi di Amerika Serikat (Austin) pada 2015. Saat itu Maverick Vinales yang masih membela tim Suzuki sedang melintas dan harus berhenti lantaran melihat anjing itu masuk ke lintasan.

Vinales pun menunggu sampai anjing tersebut keluar trek. Dan tak lama berselang petugas trek menangkapnya dan latihan bebas pertama pun dilanjutkan.

(David Permana)

 

Video Populer

Foto Populer