Sukses


Sirkuit Motegi Perpanjang Kontrak dengan MotoGP Hingga 2023

Bola.com, Motegi - Sirkuit Motegi memperpanjang kontrak dengan Dorna untuk menjadi tuan rumah MotoGP Jepang hingga 2023. Kontrak baru yang berlaku mulai 2019 juga menandai 20 tahun keiikutsertaan Sirkuit Motegi dalam MotoGP.

Presiden Mobilityland Corporation selaku penanggung jawab Sirkuit Motegi, Susumu Yamashita, menyebut perpajangan kontrak dengan Dorna tak hanya penting bagi pihak penyelenggara, tapi seluruh masyarakat Jepang yang dianggapnya memang menginginkan hal tersebut.

"Kami rasa penyelenggaraan MotoGP di Motegi bakal memberi banyak dampak positif tak hanya untuk para penggemar, tapi seluruh pabrikan yang terlibat juga sangat senang berlomba di sini," ujar Susumu dikutip dari Crash, Minggu (20/8/2017).

"Perpajangan kontrak ini juga sebuah kehormatan untuk kami yang akan merayakan 20 tahun keiikutsertaan dalam MotoGP pada 2019. Kami berharap bisa terus berkontribusi dalam pengembangan olahraga balap ini," sambungnya.

Sirkuit Motegi atau yang bernama lengkap Twin Ring Motegi pertama kali menggelar balapan grand prix pada 1999. Sejak 2004, trek yang terletak di Perfektur Tochigi itu rutin menjadi tuan rumah MotoGP Jepang.

Motegi merupakan sirkuit milik Honda. Pabrikan asal Negeri Sakura itu membangun trek yang berlokasi di wilayah perbukitan tersebut sebagai tempat fasilitas tes mereka pada Agustus 1997.

Twin Ring Motegi memiliki dua trek balap. Pertama adalah Super Speedway, yaitu trek berbentuk oval bergaya Amerika sepanjang 2,5 kilometer yang digunakan untuk balapan Indycar dan Nascar. Trek kedua merupakan sirkuit jalan raya sepanjang 4,8 km yang saat ini dipakai buat balapan grand prix.

Ada tiga pebalap yang paling sering menang di Motegi, yaitu Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Loris Capirossi. Ketiga pebalap tersebut sama-sama telah mengoleksi tiga kemenangan.

Pemenang balapan MotoGP  Jepang 2016 adalah pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Podium utama di Twin Ring Motegi tersebut sekaligus memastikan Si Bayi Alien meraih titel di kandang Honda.

Video Populer

Foto Populer