Faktor Usia Jadi Alasan Juara Superbike Ini Enggan Jajal MotoGP

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 30 Sep 2017, 08:20 WIB
Diperbarui 30 Sep 2017, 08:20 WIB
Jonathan Rea
Pebalap Superbike yang membela Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, mengaku tidak tertarik mengaspal di ajang MotoGP. (Twitter/Jonathan Rea)

Bola.com, Magny-Cours - Pebalap Superbike yang membela Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, mengaku tidak tertarik mengaspal di ajang MotoGP. Rea menyebut tak ideal mengadu peruntungan di lintasan MotoGP karena usianya sudah menginjak 30 tahun. 

Jonathan Rea mengawali kariernya di Superbike pada 2008. Namun, masa-masa kejayaannya baru dimulai ketika membela Kawasaki pada 2015. Rea berhasil menjadi juara dalam dua musim beruntun.

Rea saat ini juga memuncaki klasemen sementara Superbike 2017 dengan raihan 431 poin hasil 11 kali juara seri. Penampilan gemilang itu sempat membuat Rea dikaitkan dengan tim Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2018. Namun, Rea menyatakan kabar itu mustahil teralisasi.

"Saya lebih menyukai kehidupan di Superbike. Saya mendapatkan banyak uang untuk mendapatkan motor dan memenangi balapan. Kami punya 13 balapan per musim dan tekanannya tidak setinggi di kelas MotoGP di mana punya 18 balapan dan mungkin hingga 21 balapan pada masa depan," kata Rea seperti dikutip Speedweek, Jumat (29/9/2017).

"Saya sudah lama berada di Kejuaraan Superbike dan selalu dekat dengan media. Superbike sudah seperti keluarga dan semuanya sangat terbuka di sini. Di sisi lain, saya saat ini berada di puncak karier saya," ucap pebalap asal Inggris itu.

MotoGP sebenarnya bukan ajang yang asing untuk Jonathan Rea. Pada 2012, Rea pernah menjadi pebalap pengganti Honda dan berhasil finis di posisi 10 besar dalam dua seri yang diikutinya.

Momen Brad Binder Juara di MotoGP Republik Ceska dan Diberi Selamat Valentino Rossi