Sukses


Pebalap Berdarah Indonesia Tertarik Jadi Pebalap Penguji Yamaha

Bola.com, Sepang - Pebalap Belanda berdarah Indonesia, Michael van der Mark, berminat menjadi pebalap penguji Yamaha di MotoGP. Dia mengaku ingin menambah jam terbang menggeber motor YZR-M1.

Van der Mark baru saja melakoni debut MotoGP bersama Yamaha Tech 3 pada GP Malaysia, 27-29 Oktober 2017. Pebalap berusia 25 tahun itu menggantikan rider reguler Tech 3, Jonas Folger, yang mengidap penyakit mononucleosis.

Van der Mark hampir meraih poin pada balapan debut di Sepang. Dia finis ke-16 dan hanya terpaut enam detik dengan Cal Crutchlow (LCR Honda) yang mengakhiri balapan di posisi ke-15 atau batas terakhir poin.

Van der Mark saat ini berstatus sebagai pebalap reguler tim pabrikan Yamaha pada ajang Superbike. Namun, dia siap meninggalkan Superbike untuk bergabung dengan tim Yamaha di MotoGP yang dikabarkan sedang mencari pebalap penguji dari Eropa.

"Jika diminta menggantikan pebalap reguler Yamaha di MotoGP dan mengendarai YZR-M1 lagi, saya harus lebih siap. Karena itu, peluang menjadi pebalap penguji Yamaha di MotoGP sangat menarik minat saya. Saya tahu semua masih sebatas rumor, jadi lebih baik tanyakan saja ke Yamaha soal pebalap penguji ini," kata Van der Mark seperti dikutip dari Motorsport edisi Spanyol, Rabu (1/11/2017).

Yamaha sudah memiliki pebalap penguji resmi di MotoGP dari Jepang, yaitu Katsuyuki Nakasuga. Namun, Valentino Rossi meminta Yamaha menambah pebalap penguji dari Eropa untuk melakukan tes di Benua Biru agar pengembangan motor bisa lebih maksimal.

Yamaha baru-baru ini dikabarkan melakukan pendekatan kepada pebalap penguji Ducati asal Italia, Michelle Pirro. Namun, Ducati menolak melepas Pirro yang masih terikat kontrak hingga 2020.

"Saya tak tahu tentang ketertarikan Yamaha terhadap Pirro. Namun, di mata saya Pirro adalah pebalap bagus. Saat tes, catatan waktunya tak terlalu jauh dengan dua pebalap reguler Ducati di MotoGP, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Jadi, dia mungkin bisa memberikan data yang bagus buat Yamaha. Sayangnya saya dengar mustahil bisa mendatangkan dia ke Yamaha pada saat ini," ujar Rossi seperti dilansir Speedweek.

Video Populer

Foto Populer