Rampungkan Tes Sepang, Yamaha Hanya Fokus Uji Mesin?

Oleh Yus Mei Sawitri pada 29 Nov 2017, 12:50 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Kuala Lumpur - Yamaha telah merampungkan tes privat MotoGP selama dua hari di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (28/11/2017). Namun, tim asal Iwata tersebut menutup rapat-rapat hasil yang didapat dalam dua hari tes tersebut. 

Tes privat di Sepang melibatkan dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Mereka ditemani pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, yang juga dilibatkan pada tes di Valencia awal November 2017.  

Ketiga pebalap absen pada tes Jerex akhir pekan lalu. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, juga tak berpartisipasi demi menghemat jatah jumlah hari menggelar tes. 

Meski Yamaha tak mengeluarkan pernyataan resmi terkait hasil tes di Sepang, seorang sumber mengatakan fokus yang dikerjakan adalah menguji spesifikasi mesin untuk Yamaha YZR-M1 2018. 

"Di Sepang kami fokus menguji mesin-mesin yang berbeda. Setelah kami memutuskan perangkatnya, kami akan mulai mengerjakan sasis baru. Tapi, itu tak akan terjadi hingga tes musim dingin pada Januari," kata salah seorang sumber di Yamaha, kepada Motorsport

Rossi dan Vinales masing-masing menjajal empat motor yang berbeda di Sepang. Adapun Zarco hanya kebagian menguji dua motor. Ketiga pebalap juga sempat melaju di lintasan basah pada Senin (27/11/2017). 

Tes privat Yamaha di Sepang menandai berakhirnya segala aktivitas tim dan pebalap MotoGP di sirkuit pada 2017. Mereka akan berlibur dan mempersiapkan diri menghadapi tes resmi MotoGP di Sepang pada 28 Januari 2018.