Sukses


Performa Zarco di MotoGP 2017 Lebihi Ekspektasi

Jakarta - Johann Zarco tampil gemilang di MotoGP 2017 lalu. Padahal, awalnya, tak banyak yang menyangka dia bisa tampil begitu gemilang.

Ya, Zarco memang hanya menyandang status rookie di MotoGP 2017. Dan ia hanya memperkuat tim satelit seperti Yamaha Tech 3. Artinya, tak akan yang menduga bahwa Zarco akan mampu bersaing di barisan depan saat balapan berlangsung.

Faktanya, ia justru mampu merangkai catatan mengesankan pada MotoGP musim lalu. Ia meraih tiga podium, dua kali pole position, empat kali mencetak fastest lap, hingga akhirnya berhak duduk di urutan keenam klasemen. Tiga podium itu sendiri didapat di Prancis, Malaysia, dan Valencia.

Pada balapan lainnya, ia juga kerap masuk dalam daftar lima besar. Catatan itu yang menghasilkan dua gelar untuk Zarco. Ia dinobatkan sebagai Rookie of the Year dan pembalap terbaik tim satelit MotoGP 2017.

"Anda tahu, kami tak pernah yakin akan mengharapkan hasil bagus seperti itu karena targetnya bukan menjadi rookie terbaik. Ia bukan hanya rookie terbaik, tapi juga pembalap independen terbaik. Artinya, yang di depannya hanya lima pembalap tim pabrikan," kata Kepala Kru Zarco, Guy Couloun, dilansir Crash.

 

2 dari 3 halaman

Titik Bangkit

Tampil apik sepanjang musim, Johann Zarco dinobatkan sebagai Rookie of the Year MotoGP 2017. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Jika melihat grafik penampilan, pembalap asal Prancis itu cukup bagus pada paruh pertama. Namun, di pertengahan, performa pembalap 26 tahun itu sempat menurun. Ia baru kembali bangkit pada tiga balapan terakhir musim lalu.

Dalam tiga balapan terakhir, grafiknya terus meningkat. Mulai dari finis di urutan keempat MotoGP Australia, urutan ketiga di Malaysia, dan runner-up di Valencia. Jika dilihat dari posisi klasemen, ia hanya kalah dari Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, dan Valentino Rossi.

"Saya pikir tes di Qatar menjadi momen kunci. Kami bisa memperbaiki beberapa hal. Hari terakhir tes sebelum balapan, kami bisa mengkombinasikan semuanya. Sejak itu ia bisa mengatur motornya dengan baik. Ia jauh lebih percaya diri," ujar Coulon.

"Kemudian kami memiliki balapan yang bagus (Qatar), enam lap memimpin. Lalu saya yakin ia mengerti, juga kami, bahwa kami bisa bertarung di depan. Mungkin tidak setiap balapan, tapi ia sempat menjadi pembalap MotoGP teratas," ia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Zarco di Semua Kelas

125cc: 50 balapan, 1 menang, 11 podium, 4 pole, 5 fastest lap, 371,5 poin

Moto2: 88 balapan, 15 menang, 30 podium, 15 pole, 7 fastest lap, 1.010 poin

MotoGP: 17 balapan, 0 menang, 3 podium, 2 pole, 4 fastest lap, 174 poin

Video Populer

Foto Populer