Sukses


Ducati Kecewa dengan Operator MotoGP

Jakarta MotoGP 2018 akan menerapkan regulari baru. Hal itu terkait pelaksanaan tes privat. Mayoritas tim-tim menyambut baik perubahan tersebut, namun tidak dengan Ducati. Pabrikan asal Italia itu tetap memberikan kritik.

Dorna selaku operator MotoGP memutuskan untuk memberikan sedikit kebebasan kepada para tim di musim 2018. Sebelumnya, regulasi membebaskan tim untuk memilih tempat dan waktu soal pelaksanaan tes privat.

Masalahnya, regulasi lama melarang tim yang telah memiliki sirkuit untuk melakukan tes privat tidak boleh di tempat yang sama untuk balapan MotoGP dalam jangka waktu 14 hari. Kini, ada sedikit penyesuaian dalam regulasi baru.

Tim-tim memang masih diizinkan memilih sendiri sirkuit yang dipilih untuk menggelar tes privat. Namun, masalahnya adalah penentuan waktunya akan ditetapkan pihak MotoGP. Jika tim ingin melakukan tes privat di Misano, tes itu baru bisa dilakukan usai balapan di Misano pula.

Selain itu, untuk MotoGP 2018, hanya tiga dari lima hari untuk tes yang bisa berlangsung di lintasan di mana balapan MotoGP belum digelar. Selain itu, pembalap juga hanya diizinkan untuk melakukan tes di tiga tempat yang telah disarankan.

 

2 dari 2 halaman

Ubah Jadwal

Andrea Dovizioso (AP/Vincent Thian)

Tentu hal itu sangat menguntungkan semua tim MotoGP 2018. Pasalnya, mereka pun jadi bisa menghemat waktu dan biaya untuk menggelar tes privat. Namun, perubahan regulasi yang secara mendadak justru membuat kubu Ducati kesal.

"Regulasi itu benar-benar masuk akal. Saya setuju. Tapi saya tidak setuju dengan bagaimana perubahan itu akan diberlakukan. Di atas permasalahan waktu, sangat sangat menentangnya. Kami telah merencanakan semua tes tahun depan," kata bos Ducati, Gigi Dall'Igna, dilansir Motorsport.

Dall'Igna melanjutkan, rencana awal Ducati adalah membuat Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo melakukan tes untuk motor baru di Valencia usai balapan. Lalu Danilo Petrucci dan Michele Pirro harus melakukan tes di Jerez pada akhir November.

Dengan perubahan regulasi, otomatis jadwal yang telah disusun Ducati pun harus diatur ulang. "Sekarang kami harus mengubah rencana soal tes. Jerez tak lagi menjadi sirkuit untuk tes kami. Pirro juga tak bisa tes di sini karena Dovi dan Jorge tak bisa tes selama lima hari."

Video Populer

Foto Populer