Yamaha Bakal Tiru Sistem Elektronik Ducati dan Honda

Oleh Andhika Putra pada pada 04 Jan 2018, 15:10 WIB
Maverick Vinales

Bola.com, Iwata - Kepala teknik Yamaha, Silvano Galbusera, mengakui Ducati dan Honda jauh lebih baik dalam pengembangan sistem elektronik dalam dua musim terakhir. Imbasnya, Yamaha selalu kalah cepat dibanding dua rival utamanya tersebut.

Dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, gagal memberikan perfroma terbaik pada paruh kedua MotoGP 2017 yang membuat gelar juara dunia lepas dari genggaman. Pabrikan asal Jepang tersebut tak mampu mengatasi permasalahan ban belakang yang selalu dikeluhkan Rossi dan Vinales sepanjang musim.

"Saya menilai Honda dan Ducati memiliki sistem elektronik yang sangat baik sehingga bisa mengatasi permasalahan ban belakang mereka. Jika kalian mendengar bunyi mesin kedua motor itu, suara elektronik sangat teredam sehingga bisa memberikan akselerasi yang lebih baik," ujar Galbusera dikutip dari Motorsport Magazine, Kamis (4/1/2017).

"Yamaha harus mulai mencari solusi elektronik seperti itu karena kami membutuhkan akselerasi yang cepat tanpa menghabiskan ban. Tak ada cara lain, Yamaha harus mulai berbenah," sambungnya.

Yamaha sebetulnya sempat menggebrak pada awal musim lewat performa impresif Vinales. Namun, performa motor Yamaha yang kurang gereget membuat Vinales akhirnya tersingkir dari persaingan.

Yamaha makin terpuruk karena Rossi hanya menempati peringkat kelima, di bawah pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Adapun gelar juara dunia jatuh ke tangan rekan setim Pedrosa, Marc Marquez.

david deordavid deor

apa bener yamaha kurang ahli elektronik sampe segitunya