MotoGP 2018: Ducati Rahasiakan Keunggulan Desmosedici GP18

Oleh Liputan6.com pada 16 Jan 2018, 11:08 WIB
Diperbarui 16 Jan 2018, 11:08 WIB
Andrea Dovizioso, MotoGP
Perjuangan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso saat menempel rekan setimnya, Jorge Lorenzo, pada MotoGP Valencia 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo. (JOSE JORDAN / AFP)

Jakarta Tim Ducati Corse menjadi tim pertama yang resmi meluncurkan motor di MotoGP 2018. Belum lama ini, mereka telah mempresentasikan motor anyar Desmosedici GP18 di Auditorium Ducati, Borgo Panigale, Bologna, Italia.

Peluncuran motor Desmosedici GP18 dihadiri CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali; General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna dan sporting director, Paolo Ciabatti, manajer tim, Davide Tardozzi serta dua pembalap Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo.

Tak hanya dihadiri dua pembalap utama tim di MotoGP 2018, Ducati juga menghadirkan test rider, Michele Pirro. Berbicara mengenai Desmosedici GP18 agak sedikit berbeda terutama mengenai warna yang ditonjolkan tim Ducati Corse.

Pada tahun ini, Ducati mengusung warna livery baru untuk MotoGP 2018 dengan menambahkan aksen abu-abu pada bagian tangki dan fairing. Salah satu yang paling menyita perhatian yakni fairing bawah dekat spakbor dan penggunaan sayap (winglet) besar yang mengubah bentuk proporsi fairing depan.

Walaupun penampakan Desmosedici GP18 sudah dibuat, namun Pabrikan asal Italia tampaknya belum mau merinci soal keunggulan dari kuda besi tunggangan Dovizioso dan Lorenzo.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Masih Dirahasiakan

Dua pebalap Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, berpose di depan wartawan saat peluncuran tim menghadapi MotoGP 2018 di Borgo Panigale, Bologna, Senin (15/1/2018). (Giorgio Benvenuti/ANSA via AP)

Ducati sepertinya masih merahasiakannya hingga tes pramusim berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 28-30 Januari mendatang.

"Kejuaraan balap motor di tahun 2017 sangat emosional dan menggairahkan. Tapi selama musim dingin, kami tidak mengalami kendala dalam pembangunan proyek Desmosedici GP18. Kami tetap fokus pada sasis dan mesin. Kami akan memiliki beberapa tenaga lain, dengan harapan motor Ducati lebih mudah dikendarai," ujar Gigi Dall'Igna seperti dikutip dari GPOne, Selasa (16/1/2018).

"Tentu saja kami juga mengerjakan aerodinamika, kami mungkin akan membawa komponen baru ke Buriram atau Qatar. Kami harus teliti selama pengujian," tambah Gigi Dall'Igna.

3 dari 3 halaman

Penampakan Motor Ducati

Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo saat menukangi GP17 musim lalu (Twitter/@DucatiMotor)

Desmosedici GP18 mengusung warna livery baru untuk MotoGP 2018. Jika pada musim sebelumnya warna motor Ducati didominasi merah dan putih, kini pabrikan asal Italia itu menambahkan aksen abu-abu pada bagian tangki dan fairing.

Selain itu, bentuk fairing Desmosedici GP18 juga banyak berubah. Ducati tampak membuat motor terbarunya lebih ramping ketimbang versi musim lalu.

"Bentuknya sangat mengagumkan, sebuah keindahan yang terdapat pada motor. Saya sudah banyak menunggangi motor, tetapi warna ini membuat saya tidak bisa berhenti memandangnya," tutur Dovizioso dikutip dari Motorsport, Senin (15/1/2018).

"Warna abu-abu pada motor ini memberi sesuatu yang berbeda. Seperti motor ini lebih garang dan lebih cepat dari sebelumnya," tutur pebalap asal Italia tersebut.

(David Permana)

Lanjutkan Membaca ↓
Franco Morbidelli Juara di MotoGP Teruel, Duo Rider Suzuki Kembali Podium