Ini Penampakan Motor Anyar Rossi dan Vinales untuk MotoGP 2018

Oleh Yus Mei Sawitri pada 24 Jan 2018, 21:30 WIB
Valentino Rossi, Maverick Vinales, Yamaha YZR-M1 2018

Bola.com, Madrid - Tim Movistar Yamaha memperkenalkan motor YZR-M1 untuk MotoGP 2018 di Matadero Madrid, Spanyol, Rabu (24/1/2018). Corak motor baru Yamaha ini tak jauh berbeda dengan musim lalu.

Motor Yamaha YZR-M1 masih dominan dengan warna biru, tapi dipadukan corak putih yang menggantikan hijau.  Lambang Movistar sangat mendominasi corak motor tersebut.  

Tim Movistar Yamaha menurunkan dua pebalap yang sama dengan musim lalu, yaitu duet Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Kontrak Rossi bakal berakhir pada akhir 2018, sedangkan Vinales baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2020.  

Yamaha kali terakhir meraih gelar juara pebalap dan konstruktor di kelas premier pada 2015. Saat itu Jorge Lorenzo mengalahkan Rossi dalam pacuan juara dunia. Setahun berselang, Yamaha tak dapat mempertahankan dua titel tersebut. 

Musim lalu, Yamaha menggaet Vinales sebagai pengganti Lorenzo yang hijrah ke Ducati. Namun, kedua pebalap tersebut gagal menunjukkan taji. Vinales finis di peringkat ketiga, sedangkan Rossi menempati ranking kelima. Bagi Yamaha, itu merupakan salah satu musim terburuk sepanjang berkiprah di kancah MotoGP. 

"Kami cukup yakin jika bisa membuat motor yang lebih konsisten, untuk kedua pebalap, kami bisa bersaing untuk titel," kata manajer tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, seperti dilansir Motorsport

"Itu merupakan target utama kami musim ini," sambung dia. 

Movistar Yamaha menjajal sasis motor musim 2016 dan 2017 pada tes pascamusim di Valencia dan Sepang. Saat itu, Rossi mengatakan sasis 2016 yang akan digunakan sebagai basis sasis untuk musim 2018. 

Persiapan Yamaha untuk menghadapi MotoGP 2018 akan berlanjut pada 28-30 Januari, saat digelar tes pramusim resmi di Sirkuit Sepang, Malaysia. 

"Sangat penting tahun lalu kami bisa melakukan tes di Valencia dan kemudian di Sepang. Kami bisa menguji item yang sama pada dua sirkuit berbeda, juga dengan kondisi berbeda," ujar Meregalli.  

"Setelah tes selama lima hari itu, kami bisa memutuskan basis untuk motor yang akan digunakan Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada tes pramusim di Sepang," sambung manajer tim Movistar Yamaha tersebut.