Bagnaia Diminta Tidak Terburu-buru ke MotoGP

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 10 Feb 2018, 23:18 WIB
Diperbarui 10 Feb 2018, 23:18 WIB
Francesco Bagnaia, MotoGP
Pembalap Moto2, Francesco Bagnaia bertekad menembus kelas MotoGP musim 2019. (Toshifumi KITAMURA / AFP)

Bola.com, Jakarta - Francesco Bagnaia berambisi naik ke kelas MotoGP pada musim 2019. Jika melihat kemampuannya, pembalap Sky Racing Team VR46 ini punya kesempatan.

Kelayakan Bagnaia untuk menjadi pembalap MotoGP di masa depan terlihat dari aksi impresifnya di beberapa musim terakhir. Berstatus rookie di Moto2 2017, ia sukses menyabet predikat Rookie of the Year.

Itu sebabnya ia mampu mencuri perhatian bagi pecinta balap motor dunia. Apalagi, ia juga membawa nama besar Valentino Rossi sebagai pemilik tim. Jika mampu mempertahankan konsistensinya, jalan menuju kelas MotoGP akan terbuka lebar.

Soal itu, Alessio 'Uccio' Salucci yang notabene Direktur Olahraga Sky Racing Team VR46 ikut angkat bicara. Ia mendukung, tapi lebih meminta Bagnaia untuk bersabar dan banyak belajar sebelum bicara soal MotoGP.

"Saya pikir ia siap untuk apapun karena ia cerdas, tekun, dan selalu melakukan banyak pengorbanan sepanjang kariernya. Hal-hal ini yang membuat motivasinya lebih besar. Tapi, ada berbagai hal yang harus dilihat. Saya tak berpikir ia harus terburu-buru, tapi melakukannya saat ia siap," kata Uccio, dilansir GPOne.

 

2 dari 3 halaman

Peluang Juara

Francesco Bagnaia, MotoGP
Pembalap Sky Racing Team VR46, Francesco Bagnaia berharap bisa tampil di MotoGP 2019. (Jure Makovec / AFP)

Bagnaia adalah pembalap yang sudah mengeyam pengalaman di kelas Moto3 sejak musim 2013. Namun, saat itu ia belum berstatus sebagai pembalap utama. Kepercayaan itu baru didapat semusim kemudian bersama Sky Racing VR46.

Sayang, petualangannya saat itu berakhir buruk. Ia pun berpisah dengan Sky Racing VR46. Dua musim beruntun ia memperkuat tim Mahindra sebelum akhirnya kembali ke Sky Racing VR46 dan naik kelas ke Moto2 pada 2017.

Dari 18 balapan, ia sukses menggondol empat podium dengan total raihan 174 poin. Jebolan VR46 Academy itu berhak finis di urutan kelima klasemen akhir hingga dinobatkan sebagai Rookie of the Year Moto2 2017.

"Di atas kertas, Francesco adalah salah satu pembalap yang bisa memperjuangkan kemenangan di setiap balapan. Begitu juga dengan (Alex) Marquez, (Mattia) Pasini, (Miguel) Oliveira, dan (Brad) Binder," tegas Uccio.

3 dari 3 halaman

Bagnaia dan Data Diri

Nama: Francesco Bagnaia

Kelahiran: Turin, Italia, 14 Januari 1997

Kebangsaan: Italia

Nomor motor: 42

Rapor Bagnaia di Semua Kelas

Moto3: 69 balapan, 2 menang, 7 podium, 1 pole, 2 fastest lap, 271 poin

Moto2: 18 balapan, 0 menang, 4 podium, 0 pole, 0 fastests lap, 174 poin

 

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓