Tes MotoGP di Sirkuit Buriram Menjadi yang Terburuk Buat Vinales

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 18 Feb 2018, 19:25 WIB
Diperbarui 18 Feb 2018, 19:25 WIB
Maverick Vinales, MotoGP
Maverick Vinales menyebut tes di Sirkuit Buriram menjadi yang terburuk sepanjang kariernya di Yamaha. (MotoGP)

Bola.com, Buriram - Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menyebut tes pramusim MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand, adalah yang terburuk sepanjang kariernya bersama Yamaha. Bahkan, dia sama sekali tak tahu apa masalah yang membuat motornya tak kunjung tampil kompetitif.

Pada tes di Thailand, Vinales memang tampil jauh dari kata impresif. Pada hari pertama, Jumat (16/2/2018), mantan pebalap Suzuki itu menempati posisi ke-11.

Performa Vinales membaik pada hari kedua dan menempati posisi keempat. Setelah tes hari kedua, Vinales sempat pede sudah menemukan setelan yang pas untuk motornya.

Namun, semuanya berubah pada hari ketiga. Dia kembali terpuruk dan menempati posisi ke-12 dengan catatan waktu 1 menit 30,590 detik.

"Bagi saya, ini adalah yang terburuk. Bahkan di Malaysia, itu adalah tes buruk selama saya berada di Yamaha dan ini bahkan lebih buruk," ujar Vinales seperti dikutip Motorsport setelah tes.

"Hari ini kami lebih kesulitan ketimbang kemarin. Saya pikir sudah menemukan solusi, tapi nyatanya tidak. Kami masih belum sempurna di banyak area," tambahnya.

Vinales memprediksi masalah terdapat pada ban Michelin. "Ketika saya berada di atas motor, kami mengalami masalah yang sama," tuturnya.

Dia mengaku tak tahu pasti apa yang membuat motor Yamaha YZR M1 miliknya tak mampu tampil kompetitif. Segala cara sudah dia lakukan untuk menemukan titik kelemahan dari motor ini.

"Saya menggunakan sasis motor 2016 dan tak ada solusi, saya tak tahu (masalahnya). Kami menggunakan mesin yang berbeda, perangkat elektronik yang berbeda, jadi saya tak tahu. Jujur saya tak tahu," tutur pebalap asal Spanyol itu.

"Mungkin lebih baik bertanya kepada Yamaha. Saya mencoba banyak hal dalam dua tes ini dan saya tak tahu apa-apa sekarang," sambung Maverick Vinales.