Murid Rossi Bakal Gantikan Petrucci di Pramac pada 2019

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Feb 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Feb 2018, 11:15 WIB
Francesco Bagnaia
Anak didik Valentino Rossi, Francesco Bagnaia. (Motorsport)

Bola.com, Jakarta - Pebalap muda berbakat asal Italia, Francesco Bagnaia, bakal promosi ke kancah MotoGP dengan bergabung ke tim satelit Ducati, Pramac Racing. Pebalap yang merupakan murid Valentino Rossi di VR46 Racing Academy tersebut akan menggantikan Danilo Petrucci. 

Bagnaia masih akan berkarier di kancah Moto2 pada 2018 di tim VR46, dengan target merengkuh gelar juara dunia sebelum naik kelas ke MotoGP. 

"Tahun depan saya akan membuat salah satu mimpi saya menjadi kenyataan. Saya sering mengatakan bakal senang membalap di MotoGP dengan mengendarai Ducati dan impian itu akan menjadi kenyataan. Bagi saya, ini hasil yang luar biasa," kata Bagnaia, seperti dilansir Crash, Kamis (22/2/2018). 

"Untuk ini saya harus berterima kasih kepada Tim, Sky dan VR46 Riders Academy, atas seluruh dukungan dan selalu mengikuti perkembangan saya dalam lima musim terakhir, yang tiga tahun di antaranya bersama Sky Racing Team VR46. Namun, sekarang sangat penting untuk fokus pada musim terakhir di Moto2. Kami punya peluang hebat," sambung dia. 

Bagnaia dikabarkan meneken kontrak di Pramac dengan durasi dua tahun hingga 2020.

Dia menghabiskan empat musim di Moto3 sebelum promosi ke Moto2. Pada musim 2016, Bagnaia berhasil memenangi dua balapan dan satu pole position. Pada musim berikutnya, pebalap berusia 21 tahun tersebut sudah berkiprah di Moto2 dan langsung kompetitif dengan mengukir back to back podium di Jerez (Spanyol) dan Le Mans (Prancis). 

Bagnaia akhirnya menutup Moto2 2017 dengan finis ke posisi kelima dan menyabet gelar rookie terbaik tahun itu.

Satu tempat di Pramac Racing dipastikan kosong setelah Danilo Petrucci mengumumkan akan mengakhiri kiprahnya di tim tersebut pada akhir 2018. Pebalap Italia tersebut menyatakan ingin naik kelas mencari tim pabrikan. Petrucci diprediksi bergabung dengan Aprilia dan posisinya diisi Francesco Bagnaia.   

Francesco Bagnaia akan menjadi anak didik kedua Valentino Rossi yang berhasil terjun ke MotoGP. Pada musim 2018, murid Rossi lainnya, Franco Morbidelli, lebih dulu akan mencicipi ketatnya persaingan di MotoGP bersama Marc VDS.