Sukses


Menanti Kejutan Aprilia di MotoGP Qatar

Jakarta Tim Aprilia menyiapkan kejutan di awal MotoGP musim 2018. Manajer Aprilia, Romano Albesiano mengatakan, timnya akan menguji perangkat aerodinamika baru pada saat tes Qatar, 1-3 Maret nanti.

"Kami akan membawa versi baru dari perangkat aerodinamika motor RS-GP di MotoGP Qatar. Sementara, untuk perubahan kedua akan direncanakan saat musim ini berlangsung," ujar Albesiano seperti dilansir Crash.

Aprilia tampaknya memfokuskan pengembangan motor mereka pada sisi aerodinamikanya. Demi mendapatkan hasil sempurna, dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Scott Redding sampai mengadakan tes khusus di lorong angin milik Universitas Perugia, Italia.

Fokus pada aerodinamika diakui Albesiano mejadi penting. "Riset soal aerodinamika sekarang menjadi bagian tak terpisahkan dari MotoGP modern. Tidak hanya soal sayap, melainkan detail kecil lainnya yang menentukan," kata Albesiano menerangkan.

"Tes di lorong angin adalah bagian dari studi aerodinamika, yang juga melibatkan simulasi komputer dan pengecekan langsung di trek," ujar Albesiano menambahkan.

2 dari 3 halaman

Siapkan Tipe Berbeda

Aprilia tak main-main soal riset aerodinamika mereka. Hal tersebut bisa terlihat dari keseriusan tim asal Italia yang ingin menyiapkan sistem aerodinamika berbeda bagi dua pembalapnya.

Albesiano mengatakan, perbedaan sistem dibuat untuk menyesuaikan gaya balap Espargaro dan Scott Redding. Albesiano menilai, kedua pembalap punya berbedaan yang mencolok.

"Espargaro dan Redding punya karakter fisik yang sama sekali berbeda. Itu membutuhkan sistem aerodinamika yang berbeda untuk mengoptimalkan efisiensinya," ujar Albesiano.

3 dari 3 halaman

Dua Pekan Lagi

MotoGP musim 2018 bakal dimulai di sirkuit Losail, Qatar 18 Maret 2018. Itu artinya, setiap tim termasuk Aprilia hanya punya waktu sekitar dua pekan untuk mempersiapkan diri.

Pada musim lalu, Aprilia memetik hasil cukup positif di seri pembuka ini. Aleix Espargaro finis di posisi keenam di belakang Dani Pedrosa. Sementara, Scott Redding yang kala itu masih membela Ducati finis di belakang Espargaro.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer