Sukses


Rossi Tidak Heran Zarco Tercepat di Kualifikasi MotoGP Qatar

Bola.com, Losail - Sukses Johann Zarco merebut pole position pada kualifikasi MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (17/3/2018), ternyata tidak mengejutkan Valentino Rossi. Juara dunia sembilan kali di empat kelas berbeda itu mengatakan bahwa ada 12 pembalap yang memiliki kecepatan yang sama.

"Zarco tidak mengherankan, karena dia cepat. Tahun lalu, dia selesai dengan cara yang sangat baik dan tahun ini dia memulai dari mana dia selesai. Jadi dia sangat kuat dan kami berharap bisa bertarung dengannya di balapan," kata Rossi seperti dikutip dari Crash, Minggu (18/3/2018).

Rossi akan memulai balapan MotoGP Qatar dari posisi kedelapan. Sementara rekan setimnya, Maverick Vinales, di urutan 12. Pemilik nomor 46 ini menilai kondisi lintasan sepanjang 5,3 km itu sedikit lebih buruk ketika berangin. Sebab, pasir di Sirkuit Losail terangkat dan mengganggu penglihatan.

Faktor krusial lainnya terletak pada masalah degradasi ban. Sebuah masalah yang dialami Rossi pada tes Qatar baru-baru ini.

"Ya, itu masih masalah. Kami memperbaiki sedikit situasi, tetapi dengan ban yang saya suka, kami sangat membatasi untuk melakukan 22 lap. Jadi tidak ada yang tahu apa yang terjadi besok dan akan sangat penting untuk memahami apa yang terjadi di paruh kedua balapan," tukas Rossi soal masalah jelang MotoGP 2018.

2 dari 3 halaman

Zarco Senang

Tak ada yang pernah menyangka Johann Zarco akan tampil kompetitif selama sesi kualifikasi. Padahal pada sesi sore, pembalap Yamaha Tech 3 ini sempat mengalami insiden saat kondisi Sirkuit Losail, berangin.

Zarco mencatat waktu tercepat 1 menit 53.680 detik. Torehan itu memecah rekor Jorge Lorenzo yang sudah bertahan 10 tahun. Torehan waktu Lorenzo adalah 1 menit 53,927 detik.

"Saya bukan tipe pembalap yang mengalami kecelakaan dan melaju sangat kencang setelah kecelakaan. Tapi dengan ban baru, saya merasa nyaman dengan motornya. Itu sangat fantastis," ujar Zarco seperti dikutip dari Fox Sports.

Bagi Zarco, ini merupakan pole position ketiga yang pernah dibuatnya sejak masuk ke kelas utama. "Saya sangat senang, ini cara terbaik untuk memulai musim ini. Mencetak rekor lap membuat saya sangat senang. Berikutnya adalah hal utama dan saya akan mencoba naik podium," kata Zarco.

Pembalap muda terbaik tahun lalu itu masih belum aman mengingat ada Marc Marquez dan Danilo Petrucci. Keberadaan juara bertahan MotoGP itu bisa mengganggu konsentrasi balap Zarco.

"Saya sangat senang, target saya berada di barisan depan. Saya bisa melakukan putaran bagus tapi yang terpenting adalah balapan," jelas Marquez.

3 dari 3 halaman

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar:

1. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) 1 menit 53,680 detik

2. Marc Marquez (Repsol Honda) 1 menit 53,882 detik

3. Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing) 1 menit 53,887 detik

4. Cal Crutchlow (LCR Honda) 1 menit 54,072 detik

5. Andrea Dovizioso (Ducati) 1 menit 54,074 detik

6. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 1 menit 54,339 detik

7. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 1 menit 54,368 detik

8. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 1 menit 54,389 detik

9. Jorge Lorenzo (Ducati) 1 menit 54,431 detik

10. Jack Miller (Alma Pramac Racing) 1 menit 54,449 detik

11. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 1 menit 54,619 detik

12. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 1 menit 54,707 detik

(David Permana)

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer