Sebelum MotoGP 2018, Ini Daftar Insiden Terpanas Rossi Vs Marquez

Oleh Windi.Wicaksono pada 09 Apr 2018, 21:17 WIB
Diperbarui 11 Apr 2018, 21:16 WIB
MotoGP

Jakarta Marc Marquez dan Valentino Rossi kembali terlibat insiden di lintasan balap MotoGP. Kali ini insiden senggolan terjadi di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin (9/4/2018) dini hari WIB.

Insiden Rossi dan Marquez terjadi di lap ke-20 MotoGP Argentina. Marquez mencoba menyalip pembalap berjulukan The Doctor itu di tikungan 13 dan manuver itu menyebabkan Rossi terjatuh karena ban depan motornya masuk area rumput.

Kendati terjatuh, Rossi tetap mampu melanjutkan balapan dan finis di posisi ke-19. Atas aksi berbahayanya, Marquez juga terkena penalti 30 detik.

Seusai balapan, Rossi memasang sikap permusuhan dengan pembalap berjulukan The Baby Alien itu. Rossi menolak permintaan maaf Marquez, yang mencoba menemuinya seusai balapan MotoGP Argentina.

Sesungguhnya, ini bukan yang pertama insiden panas melibatkan Rossi dan Marquez. Sederet duel terjadi di lintasan balap MotoGP antara Rossi dan Marquez. Berikut 5 duel terpanas keduanya seperti dirangkum Liputan6.com.

2 of 6

5. MotoGP AS 2013

MotoGP
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Michal Cizek / AFP)

Marc Marquez mengawali duel yang membuat panas hubungannya dengan Valentino Rossi pada MotoGP Amerika Serikat 2013. Kala itu balapan berlangsung di Sirkuit Laguna Seca.

Sebuah insiden terjadi ketika Marquez menyalip Rossi di tikungan Corkscrew atau tikungan berbentuk huruf 'S'. Gaya Marquez melewati The Doctor mirip seperti yang dilakukan Rossi kala menyalip Casey Stoner pada MotoGP 2008.

Pembalap berjulukan Baby Alien tersebut akhirnya finis terdepan di MotoGP AS 2013. Rossi sendiri harus rela menempati podium ketiga.

3 of 6

4. MotoGP Argentina 2015

Curhat Marc Marquez Usai Berjabat Tangan dengan Rossi
Marc Marquez dan Valentino Rossi (Doc: MotoGP)

Rivalitas paling sengit di lintasan balap antara Rossi dengan Marquez terjadi ketika MotoGP 2015. Tepatnya yakni ketika balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, MotoGP Argentina

Saat itu, Marquez gagal finis setelah terjatuh pada lap ke-22 karena menyenggol bagian ban belakang Rossi. Pembalap asal Italia itu memenangi balapan tersebut.

Kontroversi terjadi karena Rossi dinilai melakukan manuver yang merugikan Marquez. Namun, kedua pembalap ini masih menahan diri untuk memicu perseteruan panas.

4 of 6

3. MotoGP Belanda 2015

Valentino Rossi dan Marc Marquez
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kiri/46), dan rider Repsol Honda, Marc Marquez (Crash)

Duel panas kembali terjadi di tahun 2015, tepatnya di MotoGP Belanda. Ini seolah jadi kelanjutan dari insiden yang terjadi di MotoGP Argentina 2015.

Balapan seru berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda. Rossi melewati Marquez melalui jalan 'pintas' untuk merebut posisi terdepan.

Jalan pintas yang dimaksud yakni Rossi melewati gravel pada lap terakhir untuk memangkas tikungan. Alhasil, dia menyalip Marquez, yang terpaksa harus puas finis di peringkat kedua dan Rossi menang secara kontroversial.

5 of 6

2. MotoGP Australia 2015

Valentino Rossi Jorge Lorenzo
Valentino Rossi (kanan) bersaing dengan Marc Marquez di ajang MotoGP (AP Photo/Jens Meyer)

Persaingan antara Rossi dengan Marquez semakin panas pada 2015. Memasuki balapan di Phillip Island, Australia, giliran Marquez membalas aksi Rossi sebelumnya di Assen, Belanda.

The Baby Alien dianggap sengaja melambatkan laju motor untuk memberi ruang bagi Jorge Lorenzo. Kala itu, Lorenzo tengah bersaing dengan Rossi untuk gelar juara dunia MotoGP 2015.

Marquez dinilai memudahkan Lorenzo untuk menang sekaligus mengalahkan Rossi. Marquez kemudian mendapat tudingan dari Rossi terkait aksi melambat di lintasan balap.

6 of 6

1. MotoGP Malaysia 2015

Insiden Valentino Rossi dengan Marc Marquez di Sirkuit Sepang (Liputan6)
Insiden Valentino Rossi dengan Marc Marquez di Sirkuit Sepang, Malaysia (Liputan6.com/Motorcyclenews)

Ini mungkin menjadi duel paling panas dan terkenal antara Rossi dengan Marquez. Balapan itu terjadi di Sirkuit Sepang, MotoGP Malaysia pada 2015.

Rossi melakukan gerakan kaki, yang membuat Marquez terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. Sementara akibat aksinya, Rossi diganjar penalti dan harus memulai balapan berikutnya di Valencia dari urutan terakhir.

Padahal, itu merupakan seri pamungkas sekaligus penentuan gelar untuk Rossi dan Lorenzo, terbukti The Doctor gagal jadi juara. Insiden di Sepang menambah panas rivalitas Rossi dan Marquez.

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓