Marquez Siap Pertahankan Status Raja Amerika

Oleh Windi.Wicaksono pada 18 Apr 2018, 18:32 WIB
Diperbarui 20 Apr 2018, 18:16 WIB
Motogp-MarcMarquez

 

Jakarta - Race MotoGP Austin seperti sudah identik dengan Marc Marquez. Sejak 2013, saat pertama kali digelar, Marquez selalu tampil jadi yang terbaik di Circuit of the Americas (COTA).

Marquez selalu finis terdepan alias menempati podium teratas di MotoGP Austin sejak 2013. Pembalap berjulukan The Baby Alien itu seolah menyukai balapan yang berlangsung di Amerika Serikat.

Raja Amerika disematkan kepada Marquez, karena dominasinya. Bukan hanya di Austin, Saat masih turun di Moto2, Marquez meraih kemenangan di Indianapolis pada 2011 dan 2012.

Prestasi ini dia ulang ketika naik ke kelas MotoGP pada 2013, 2014 dan 2015. Marquez juga memenangi balapan MotoGP di Laguna Seca, Amerika Serikat pada 2013.

Total, Marquez telah mengoleksi 11 kemenangan (9 di MotoGP) di Amerika Serikat, dan semuanya diraih secara beruntun. Di COTA sendiri, ia bahkan sukses merebut lima pole secara beruntun.

MotoGP Austin akan jadi ajang yang cocok untuk Marquez bangkit. Sebelumnya, Marquez gagal mendapatkan poin di MotoGP Argentina, karena terkena penalti setelah insiden dengan Valentino Rossi.

2 of 3

Sirkuit Ideal

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat mengaspal di MotoGP Austin di Circuit of the Americas, Texas, AS tahun lalu (Twitter/HRC_MotoGP)

Di MotoGP Qatar, Marquez harus puas finis di podium kedua. COTA berpotensi menjadi lintasan yang ideal bagi pembalap berusia 25 tahun itu untuk merebut kemenangan.

"Usai awal yang baik di Qatar, kami tak dapat poin di Argentina, tapi saya merasa nyaman mengendarai motor saya di kedua balapan ini, jadi ini positif," kata Marquez dalam situs resmi Repsol Honda.

"Musim ini panjang dan yang terpenting adalah level kami sangatlah baik. Kini kami pergi ke Austin, sirkuit yang menyenangkan dengan atmosfer dan memori yang baik pula," ujar pembalap asal Spanyol ini.

Misi Marquez tentu mempertahankan statusnya sebagai Raja Amerika. Marquez juga berhasrat memperpanjang rekornya memenangi balapan MotoGP Austin menjadi enam kali.

3 of 3

Sangat Kuat di COTA

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez melintas di MotoGP Austin di Circuit of the Americas, Texas, AS tahun lalu (Foto: Motorsport)

"COTA adalah sirkuit di mana saya meraih pole dan kemenangan perdana saya di MotoGP, dan sejak itu pula kami sangat kuat di sana," tutur Marquez.

"Jadi COTA adalah tempat yang baik untuk meraih hasil baik. Tapi, setiap musim berbeda, baik motornya, bannya maupun kondisinya," ungkapnya.

Marquez menegaskan dia perlu bekerja keras untuk memenangi balapan MotoGP Austin. Apalagi, para pesaingnya musim ini terus menunjukkan kemajuan sehingga dia perli mendapatkan setingan yang tepat untuk motor pada akhir pekan ini.

"Tahun ini beberapa perbaikan telah dilakukan COTA untuk mereduksi bagian lintasan yang bergelombang. Sejauh ini, selama pekan balap kami akan fokus pada setup dan kemudian kita lihat nanti potensi kami pada hari Minggu (22/4)," papar Marquez.

Sumber: www.Liputan6.com

 

Lanjutkan Membaca ↓