Sukses


MotoGP AS: Rossi Sebut Kondisi Lintasan seperti Bencana

Austin - Kekhawatiran melanda pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, jelang MotoGP Austin. Bukan soal Marc Marquez, namun Rossi lebih cemas dengan banyaknya tonjolan di Circuit of the Americas (COTA).

Rider asal Italia itu tampil mengesankan di hari pertama MotoGP Austin, Jumat (20/4/2018). Rossi berada di posisi kedua saat sesi latihan bebas pertama dan menempati urutan keempat di sesi berikutnya.

Meski demikian, Rossi sangat mengkhawatirkan banyaknya tonjolan di COTA. Untungnya, eks rider Ducati ini sangat senang dengan tikungan yang berada di Austin.

"Pertama-tama, saya menyukai treknya. Baik untuk dikendarai, sangat sulit, memiliki tikungan yang emosional, jadi itu bagus," ujar Rossi, dilansir dari Motor Sport.

"Tapi kondisi gelombang di lintasan sangat kritis, ini bencana. Bagi saya, ini merupakan kondisi terburuk sepanjang musim," kata pembalap MotoGP berusia 39 tahun tersebut.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Tonjolan Besar

Rossi tak asal bicara soal bencana di COTA. Dia menyebut ada empat tonjolan besar yang membahayakan pembalap saat balapan pada Minggu (22/4/2018)

"Anda memiliki tiga atau empat gelombang yang sangatlah besar. Dengan motor kami, itu sulit, karena banyak gelombangnya ada di lintasan lurus, motor banyak bergerak dalam kecelatan lebih dari 300km/h, dan itu situasi yang kritis," ucapnya.

"Gripnya juga tidak fantastis, tapi sepertinya seiring berjalannya sesi akan meningkat. Saya lebih menghawatirkan permukaan trek yang tidak rata," ujar Rossi melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Mirip Sirkuit Motorcross

Tak hanya di lintasan lurus, tonjolan ada di beberapa tikungan. Bahkan, Rossi menyebut ada tonjolan besar di tikungan kesepuluh dan 18.

"Tikungan 2, sangat buruk. Kemudian, tikungan 10, ada gelombang besar. Di back straight, saat motor memasuki gigi kelima atau keenam, motor banyak bergerak karena gelombang yang besar," kata Rossi.

“Ada banyak gelombang juga di titik pengereman. Gelombang yang sangat besar, mungkin yang terbesar adalah di tikungan 18, sebelum dua tikungan kiri terakhir. Ini lebih mirip sirkuit motorcross."

 

Sumber: www.liputan6.com

Video Populer

Foto Populer