Kekecewaan Cal Crutchlow Setelah Terlempar dari Puncak Klasemen MotoGP 2018

Oleh Yus Mei Sawitri pada 23 Apr 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2018, 17:00 WIB
Cal Crutchlow
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow. (AP/Natacha Pisarenko)

Bola.com, Austin - Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, tak bisa menutupi kekecewaan setelah terjatuh dan hanya finis ke-19 pada MotoGP AS di Circuit of the Americas (COTA), Senin (24/4/2018) dini hari WIB. Gara-gara insiden tersebut, Cructhlow kehilangan posisi pada puncak klasemen sementara MotoGP 2018. 

Crutchlow mengawali balapan di AS dari posisi ketujuh dan menyodok ke urutan keempat pada lap pertama. Dia bersaing ketat dengan Johann Zarco, Andrea Dovizioso, dan Alex Rins. Namun, dia melakukan kesalahan dan terjatuh pada lap kedelapan, tepatnya di tikungan 20. 

"Kami mengawali balapan ini sebagai pimpinan klasemen dan mengakhirinya dengan menempati di peringkat keempat setelah crash pada Lap 7. Ini adalah akhir mengecewakan, padahal kami mengalami akhir pekan yang baik. Saya minta maaf kepada tim," kata Crutchlow. 

Pembalap Inggris tersebut mampu kembali ke trek, namun terpaksa puas di posisi ke-19. Tanpa raihan poin di AS, Crutchlow yang memulai balapan di COTA sebagai pemuncak klasemen, turun ke posisi keempat. Dia mengantongi 38 poin, terpaut delapan poin dari Dovizioso yang mengambil alih posisi puncak. 

"Saya merasa tampil bagus, tapi kemudian melakukan kesalahan, dan terjatuh. Sejujurnya, saya punya kecepatan untuk meraih posisi kedua atau ketiga. Namun, akhirnya saya terjatuh," kata Crutchlow, seperti dilansir Speedweek

"Saya menggunakan ban belakang keras. Itulah mengapa saya kesulitan bersaing dengan pembalap-pembalap terdepan setelah start. Saya tak punya grip terbaik. Namun, saya tahu di pertengahan balapan bisa memperbaiki penampilan saya. Ya, ini balapan yang mengecewakan. Saya melaju dengan baik, tapi sayangnya saya terjatuh," sambung dia. 

Jika finis kedua, Crutchlow masih bakal mempertahankan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara. Namun, kini dia tertinggal dari Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Maverick Vinales.

"Kini kami harus menatap ke depan dan balapan di Jerez. Saya berterima kasih kepada seluruh kru saya atas kerja keras mereka, mengingat kami punya performa yang apik sepanjang pekan balap," ujar Cal Crutchlow