Vinales Sebut Nilai MotoGP Eropa Sangat Berbeda

Oleh Liputan6.com pada 29 Apr 2018, 08:23 WIB
Diperbarui 29 Apr 2018, 08:23 WIB
Maverick Vinales, MotoGP
Aksi pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dalam tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (AP Photo/Sadiq Asyraf)

Jakarta - Maverick Vinales tampil di posisi kedua di MotoGP Austin dua pekan lalu. Hal ini membuat pembalap Movistar Yamaha ini makin percaya diri jelang MotoGP Spanyol di Jerez, 6 Mei 2018.

Vinales sendiri sebenarnya memiliki rapor merah selama mengaspal di Sirkuit Jerez. Dalam tiga musim terakhir misalnya, pembalap tim Yamaha itu belum pernah sekali pun merasakan berada di podium MotoGP.

Posisi terbaiknya saat itu didapat ketika Vinales masih berada di kelas Moto3 yakni merebut kemenangan di Sirkuit Jerez pada 2013 lalu. Tentunya ini bukan hal yang mudah untuk mengulangi keberhasilan tersebut. Apalagi peta persaingan di musim ini terbilang cukup merata.

Kendati demikian, Vinales bersikeras jika dirinya merasa senang bisa membalap di seri Eropa. Dikatakan, tampil di Sirkuit Jerez selalu berbeda dengan tempat lain.

"Senang rasanya kembali ke Eropa lagi, dan saya tidak perlu menunggu lama. Kompetisi Eropa selalu merupakan hal yang berbeda daripada berkendara di tempat lain," cetus Vinales seperti dikutip dari Bike, Sabtu (28/4/2018).

2 dari 3 halaman

Butuh Perbaikan

MotoGP 2017, Pebalap Italia dan Spanyol
Maverick Vinales pebalap asal Spanyol yang saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP. Pebalap Movistar Yamaha tersebut memiliki poin 150. (AP/Kerstin Joensson)

Vinales menambahkan sebagai persiapan masih ada beberapa pekerjaan yang harus diperbaiki jika dirinya ingin mendongkel posisi Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di klasemen sementara pembalap MotoGP.

"Kami masih banyak pekerjaan yang harus diperbaiki dan ini akan memakan waktu yang sangat melelahkan. Meskipun Marc dan Honda benar-benar merupakan kombinasi yang kuat, tapi treknya berbeda, jadi hal yang sama tidak ada di semua lini," jelas Vinales.

3 dari 3 halaman

Kecewa Berat

Maverick Vinales, MotoGP
Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Sebelumnya, Vinales, pernah menyebut motor Yamaha YZR-M1 yang ditungganginya pada MotoGP Qatar 2018 belum memiliki setelan yang tepat. Dia pun kecewa berat gagal naik podium pada balapan pembuka tersebut. (David Permana)

Lanjutkan Membaca ↓
MotoGP Aragon 2020: Alex Rins Juara, Fabio Quartararo Terpuruk