Sukses


Cal Crutchlow Pecahkan Dua Rekor Jelang MotoGP Jerez

Jakarta Mesin Honda yang dipakai RC213V benar-benar menebar ancaman bagi para pesaingnya jelang balapan seri keempat MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol. Hal ini terbukti dari catatan waktu yang ditorehkan Marc (Repsol) Marquez dan Cal Crutchlow (LCR) selama menjalani sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Jerez, Marquez untuk pertama kalinya mengambil keputusan dengan memilih ban medium. Strategi yang dilakukannya itu ternyata membuahkan hasil ketika The Baby Alien sukses menancapkan rekor dengan mencatatkan waktu 1 menit 37.702 detik.

Butuh kesabaran buat Marquez sebelum dirinya mencetak rekor waktu tercepat di latihan bebas. Keberhasilan itu membuatnya lolos ke kualifikasi (Q2) dan Marquez sukses mengalahkan rekor lap time yang pernah ditorehkan Jorge Lorenzo (1 menit 37.910 detik) dengan tim Yamaha pada 2015 lalu.

Hasil positif yang diraih Marquez dan Crutchlow terbawa hingga ke kualifikasi. Namun, kali ini giliran pembalap satelit yang tampil memukau selama kualifikasi MotoGP Jerez, Sabtu (6/5/2018) malam WIB.

Dengan menggunakan ban belakang medium dan depan (hard) Crutchlow mampu mencetak waktu 1 menit 37.653 detik. Ini merupakan kali pertama pembalap satelit Honda berhasil mengambil pole position sejak di Silverstone pada 2016 lalu.

 

2 dari 2 halaman

Hapus Rekor

Catatan itu sekaligus menghapus rekor yang pernah dibuat Lorenzo (2015) dan Marquez (2018). Tim Honda sepertinya punya strategi khusus bagaimana menaklukan aspal baru yang terdapat di Sirkuit Jerez.

Pasalnya, dari tiga latihan bebas dan kualifikasi, pembalap dari produsen Jepang ini selalu memiliki wakil di posisi tercepat. Fakta ini pun membuat Honda diunggulkan dominan di Jerez. (David Permana)

Sumber Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer