Sukses


Rossi Mampu Kelilingi Dunia Lewat Balapan MotoGP

Jakarta MotoGP seri pembuka Eropa di Sirkuit Jerez penuh drama. Catatan unik juga ditorehkan Valentino Rossi pada balapan yang berlangsung Minggu (6/5/2018) malam WIB.

Ini bukan secara khusus membicarakan soal jalannya balapan, melainkan fakta baru terkait berapa lama pembalap Yamaha mendominasi trek balap. Rekor yang tak biasa itu, diketahui ketika Rossi berada di lap ke-15.

Saat berada di lap ke-15, Rossi berhasil menancapkan catatan 40.075 km. Jarak yang telah diselesaikan Rossi, tersebut setara dengan mengelilingi dunia.

Berdasarkan statistik Financial Express, para penikmat kuda besi di seluruh dunia menyadari bahwa dari catatan itu, pembalap asal Italia telah menghabiskan 23,7% dari 369 balapan di semua kelas yang diikutinya.

Ini suatu prestasi saat Rossi bersikeras untuk bertahan di musim ke-23 di kejuaraan MotoGP. Saat ini dia telah memenangkan 115 balapan dan naik podium sebanyak 228 kali dengan total sembilan kali juara dunia di empat kelas berbeda.

2 dari 3 halaman

Jarak Tempuh

Tidak ada pembalap MotoGP lain yang menempuh jarak sejauh ini saat menjalani balapan. Ini belum dihitung dari seberapa lama dia menjalani sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Jika itu dimasukkan dalam hitungan, mungkin telah melakukannya empat kali lipat. Singkat kata, catatan ini kemungkinan bakal bertahan dalam waktu yang lama.

3 dari 3 halaman

Masih Setia

Umur Rossi memang sudah tidak muda lagi. Usia pembalap Movistar Yamaha itu kini di ambang 40 tahun.

Namun, Rossi masih setia melaju di lintasan MotoGP yang kian kompetitif. The Doctor juga masih membubuhkan tanda tangan saat ditawari kontrak baru hingga 2020.

Hingga saat ini, Rossi sudah sembilan kali jadi juara dunia di empat kelas berbeda. Pembalap asal Italia tersebut juga sudah merebut 115 kemenangan sepanjang jadi joki kuda besi. (David Permana)

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer