Sukses


Rebut 11 Poin di Italia, Galang Hendra Bakal Lebih Fokus

Jakarta Pembalap Indonesia, Galang Hendra Pratama, sukses memenuhi target mendapatkan poin pertama di World Supersport (WSSP) 300. Dia berhasil finis kelima pada WSSP300 di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (13/5/2018).

Perjuangan Galang Hendra dalam merebut poin pantas diapresiasi. Berdasarkan hasil superpole 2, Galang Hendra seharusnya start dari posisi 10. Namun,bersama dengan sejumlah pembalap lainnya, Galang Hendra terkena hukuman karena berkendara pelan di wilayah racing line.

Alhasil, Galang Hendra menerima penalti turun grid sebanyak 9 posisi. Dikarenakan banyaknya pembalap yang terkena sanksi, Galang Hendra urung start di posisi ke-19 tapi posisi 14.

Kondisi demikian justru menjadi motivasi Galang Hendra untuk mengukir prestasi lebih baik dari seri sebelumnya (Assen Belanda). Terbukti sejak lampu start menyala, Galang Hendra langsung melaju dan menembus deretan 10 besar. Bahkan pada lap ke-7, sudah masuk di urutan ke-7.

Bermodal skill ridingnya yang semakin meningkat dan semangat pantang menyerah, Galang Hendra yang pernah meraih podium juara dalam WSSP300 Jerez (2017) berjuang ekstra keras untuk memperbaiki peringkatnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Lap-lap Akhir

Pada lima lap terakhir, Galang Hendra sempat berada di posisi ke-4 setelah melalui Borja Sanchez (Spanyol) dan Luca Grunwald (Jerman).

Balapan semakin ketat di lap-lap terakhir. Terdapat 7 racer yang tampil ngotot. Dalam hal ini, hanya Galang Hendra dan Kevin Sabatucci yang menunggangi Yamaha YZF-R3.

Pada akhirnya, Galang Hendra dapat finis ke-5 dalam 11 lap trek Imola yang memiliki panjang 4,9 km.

"Saat ini, saya bahagia karena dapat finis ke-5. Saya melakukan start dengan baik dengan dukungan perfoma motor yang sangat baik. Saya sempat mengalami kontak dengan pembalap lain. Namun saya tetap tenang dan fokus," katanya seperti rilis yang diterima media.

"Pada lap terakhir, saya memotong beberapa rider hingga saya merebut posisi ke-5. Pada seri selanjutnya, saya akan lebih fokus lagi dan akan tampil all out pantang menyerah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih Semakin Di Depan," ucapnya, menambahkan.

Berkat hasil ini, Galang Hendra kini berada di posisi ke-14 pada klasemen sementara WSSP300. Setelah Italia, WSSP300 akan digelar di Sirkuit Donington Park, Inggris pada 27 Mei.

3 dari 3 halaman

Regulasi Membingungkan

Perlu dipahami, bahwa pemenang WSSP300 Imola memiliki kubikasi 400. Ninja 400cc dan 390cc terbukti mendominasi selama ini. Sementara Yamaha YZF-R3 yang memiliki kubikasi silinder terkecil.

Pihak penyelenggara masih terus mengupayakan formulasi yang tepat agar semua merk memiliki potensi yang sama untuk tampil kompetitif. Menggunakan batasan limiter RPM dan penambahan atau pengurangan bobot hingga seri ke 3 masih belum terlihat berimbang.

R3 dengan bobot yang sama dengan kompetitor yang kubikasinya 400cc mengalami kendala saat akselerasi keluar dari tikungan dan top speed di track lurus.

Video Populer

Foto Populer