6 Fakta Menarik Setelah Jorge Lorenzo Juarai MotoGP Italia

Oleh Yus Mei Sawitri pada 03 Jun 2018, 21:10 WIB
Diperbarui 03 Jun 2018, 21:10 WIB
Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, MotoGP 2018
Ekspresi Jorge Lorenzo (kiri) dan Valentino Rossi pada podium MotoGP 2018, di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). (AP Photo/Antonio Calanni)

Bola.com, Mugello - Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo, membuka keran kemenangan bersama Ducati setelah menjuarai balapan MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). Ini merupakan titel pertama Lorenzo sejak bergabung dengan tim asal Bologna tersebut pada awal MotoGP 2017. 

Lorenzo tampil dominan pada balapan seri keenam MotoGP 2018, di Mugello. Start dari posisi kedua, Lorenzo berhasil melesat ke depan. Keunggulan tersebut berhasil dipertahankannya hingga garis finis. 

Kegembiraan Ducati bertambah lengkap setelah juga menguasai podium kedua. Andrea Dovizioso berhasil merangsek ke depan, meninggalkan rombongan besar di belakangnya dengan jarak cukup jauh. 

Ducati berhasil mempertahankan tradisi finis 1-2 setidaknya sekali dalam semusim sejak MotoGP 2016. 

Valentino Rossi juga tak kalah gembira. Setelah dua musim terakhir gagal naik podium, The Doctor mampu finis di urutan ketiga pada musim ini. Pada 2016 Rossi gagal finis, sedangkan pada musim lalu menyudahi balapan di urutan keempat. 

Namun, bukan hanya itu yang menjadi sumber kebahagiaan pembalap tuan rumah tersebut. Rossi juga berhasil membukukan rekor baru berkat kesuksesannya menempati peringkat ketiga tersebut. 

Berikut enam fakta menarik pada balapan MotoGP Italia 2018: 

 

 

 

2 dari 2 halaman

6 Fakta Menarik

1. Jorge Lorenzo akhirnya membukukan kemenangan perdana bersama Ducati. Dia harus menunggu semusim plus enam seri untuk mencicipi podium teratas di tim asal Bologna, Italia tersebut. 

2. Lorenzo menjadi pembalap keenam yang mampu menjuarai seri MotoGP dengan dua tim berbeda. Lima pembalap lain yang masuk klub elite tersebut adalah Valentino Rossi (Yamaha dan Honda), Max Biaggi (Yamaha dan Honda), Casey Stoner (Ducati dan Honda), Andrea Dovizioso (Honda dan Ducati), dan Maverick Vinales (Suzuki dan Yamaha). 

3. Ducati berhasil finis 1-2 setidaknya sekali semusim dalam tiga tahun terakhir. Pada 2016, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso meraih podium 1-2 di MotoGP Austria, sedangkan pada 2017 giliran Dovizioso dan Jorge Lorenzo finis 1-2 di MotoGP Malaysia. Tradisi berlanjut musim ini setelah Lorenzo dan Dovizioso juga finis 1-2 di MotoGP Italia. 

4. Marc Marquez gagal meneruskan rentetan tiga kemenangan beruntun pada MotoGP 2018, setelah hanya finis ke-16 di Mugello. Marquez terjatuh pada lap keempat. Meskipun mampu meneruskan balapan, Baby Alien gagal merangsek ke depan. 

5. Valentino Rossi menjadi pembalap pertama yang mampu mencapai 5.000 poin di kelas primer. Berkat finis di posisi ketiga, Rossi kini mengoleksi 5.005 poin.

6. Meskipun mencetak rekor, Rossi juga belum berhasil mengakhiri puasa gelar di MotoGP Italia. Dia terakhir kali juara di Mugello pada 2008 alias 10 tahun silam.  

Lanjutkan Membaca ↓