Motor Hitam Misterius Milik Marc Marquez Curi Perhatian

Oleh Marco Tampubolon pada 20 Jun 2018, 20:19 WIB
Diperbarui 22 Jun 2018, 20:15 WIB
Marc Marquez, MotoGP

Jakarta Marc Marquez tampil dengan sepeda motor baru saat menjalani tes di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Senin (18/6/2018). Pembalap Spanyol itu mengendarai kuda besi serba hitam.

Seperti dilansir Crash, Mark Marquez keluar sebagai yang tercepat pada sesi tersebut. Marquez mencatatkan waktu tercepat 38,916 detik pada lap ke-86 dari 88 lap yang dijalaninya.

"Itu hanya motor pembaruan, bukan sepeda motor 2019. Itu cukup menarik," kata Marquez. 

Menurut Marc Marquez, sepeda motor serba hitam yang dikendarainya sedikit berbeda dengan yang biasa digunakan. Beberapa bagian bahkan menurutnya sudah bisa diterapkan musim ini. 

"Kami mulai mencoba memahami beberapa hal berbeda di masa depan," kata Marquez.

"Saya merasakan beberapa hal positif dan negatif, tapi saya tidak bisa menyampaikannya."

2 of 3

Bocorkan Temuan

Jorge Lorenzo Juara MotoGP Catalunya 2018
Pembalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez melaju kencang saat balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya di Montmelo, (17/6). Pembalap Jorge Lorenzo finis diurutan pertama dengan catatan waktu 40 menit 13,566 detik. (AFP PHOTO / Lluis Gen)

Marquez awalnya berusaha menyembunyikan sejumlah temuannya. Namun saat didesak media, Baby Alien akhirnya melunak dan membocorkan sedikit rahasianya. Salah satunya terkait dengan mesin yang dipakai saat menjalani balapan dan tes di Catalunya. 

"Lap terbaik saya lakukan bersama yang saya gunakan pada balapan kemarin," ujar Marquez mengacu pada mesin yang membawanya ke posisi kedua di belakang pembalap Ducati, Jorge Lorenzo saat tampil di Sirkuit Catalunya, Barcelona. "Lalu kami melakukan sedikit perubahan pada hari itu. Sepeda motor yang hitam berbeda, tapi pada dasarnya kami hanya ingin mencoba membuat perpaduan dan ada beberapa bagian yang bekerja dengan baik."

Meski demikian, Marquez menagku tidak bisa menguji tunggangannya secara maksimal di Catalunya. Beberapa kendala mengadang mereka selama sesi uji coba berlangsung. 

"Cuaca sangat panas, sulit mendapatkan komentar bagus. Tapi selain itu, bagian terpenting dari panasnya cuaca adalah saya masih bisa ngebut," kata Marquez. 

 

 

 

3 of 3

Di Luar Rencana

MotoGP Catalunya, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi
Pebalap Honda, Marc Marquez, diposisi terdepan saat balapan MotoGP 2018 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (17/6/2018). Lorenzo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 40 menit 13,566 detik. (AP/Eric Alonso)

Marquez menambahkan, kalau dia awalnya tidak berniat mencatatkan lap tercepat. Sebab dia berpikir ingin menyelesaikan tes dengan kendaraan yang sama. 

"Saya keluar untuk lap-lap terakhir dengan ban yang sudah banyak terpakai, tapi mereka menyiapkan sepeda motor baru dengan ban yang baru untuk menjajal elektronik," katanya. 

"Mereka berkata, 'pergi dan lakukan dua lap untuk mendapatkan informasi'. Saat melihat ban baru, saya berpikir untuk sediki memberi tekanan, tapi itu tidak direncanakan," katanya.

Sementara itu sepeda motor serba hitam milik Marquez juga masih jauh dari kata ideal. Meski demikian, perbaikan telah dilakukan dan membuatnya lebih nyaman dikendarai. 

"Di sisi pengereman kami berkembang. Kami hanya mencoba untuk bisa lebih percaya diri. Sedikit lebih baik, dan masih negatif di beberapa area," kata Marquez. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓