Pedrosa: Keputusan Tinggalkan Honda Diambil Sejak 2016

Oleh Yus Mei Sawitri pada 25 Jun 2018, 21:20 WIB
Diperbarui 25 Jun 2018, 21:20 WIB
Dani Pedrosa

Bola.com, Assen - Pembalap Spanyol, Dani Pedrosa, mengaku keputusan meninggalkan Honda sudah diambil sejak 2016. Namun, rencana tersebut baru benar-benar direaliasikan pada akhir musim 2018. 

"Kurang atau lebih (sudah diputuskan), ya. Tentu saja dua tahun lalu adalah waktu yang lama, tapi itu memang dimulai sekitar dua tahun lalu," kata Pedrosa, seperti dilansir Motorsport, Senin (25/6/2018). 

"Mereka juga sudah tahu bahwa hal ini bakal terjadi. Saya bilang kepada mereka lebih atau kurang ini akan terjadi. Jadi, pada akhirnya ini hal sama-sama menguntungkan," sambung dia. 

Pedrosa selalu membalap untuk Honda sepanjang kariernya di kancah grand prix. Pria asal Spanyol itu juga memperkuat Honda di kancah MotoGP sejak 2006. 

Dia pernah menjadi kandidat pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha pada 2017, tapi memilih bertahan. Setelah itu Pedrosa tetap tak bisa melepaskan diri dari bayang-bayang rekan setimnya, Marc Marquez. 

Setelah bersama Honda selama 12 tahun, Pedrosa akhirnya berpisah dengan Honda pada akhir MotoGP 2018. Posisinya di Repsol Honda digantikan Jorge Lorenzo. 

"Ini saya, diri saya, Anda butuh mencari hal-hal baru. Saya rasa ini momen yang tepat untuk melihat apa yang bisa Anda lakukan berikutnya," tegas Pedrosa. 

Meski sudah berpisah dengan Honda, Dani Pedrosa belum mengumumkan tim barunya pada musim ini.