Sukses


MotoGP: Stoner Tak Yakin Rossi Bisa Jadi Juara Dunia

Jakarta Walau belum pernah menang, pembalap veteran Valentino Rossi mampu berada di posisi kedua klasemen MotoGP 2018. Namun Casey Stoner tidak yakin pembalap Movistar Yamaha itu bisa menjadi juara dunia tahun ini.

Ya, sampai saat ini Rossi masih bertahan di urutan kedua klasemen MotoGP. Namun, hal itu juga tak bisa disebut sebagai prestasi yang bagus. Itu karena The Doctor sudah begitu lama tak menikmati podium juara.

Tercatat, kemenangan terakhir Rossi didapat pada MotoGP Belanda 2017, lebih dari setahun yang lalu. Karenanya, meski masih duduk di urutan kedua, jarak yang terbentang antara dirinya dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez begitu jauh.

Saat ini, Rossi tertinggal 41 poin dari The Baby Alien di klasemen MotoGP. Padahal, musim ini baru menggelar delapan balapan. Melihat persaingan di musim ini, pembalap penguji Ducati, Casey Stoner pun tak yakin Rossi bisa bertarung dalam perebutan gelar.

"Ada banyak pembalap kuat. Rossi dan (Maverick) Vinales menempel Marquez meski belum pernah menang sekalipun. Saat ini, jika boleh jujur, Valentino tak memiliki kecepatan untuk bisa memenangkan kejuaraan meski ia tetap jadi pembalap papan atas, selalu di posisi teratas, dan siap untuk podium," ujar Stoner, dikutip GPOne.

2 dari 3 halaman

Faktor Regulasi

Stoner menambahkan, penyetaraan mesin dan elektronik (ECU) membuat Rossi kesulitan untuk bersaing dalam kejuaraan. Jika peraturan mengacu pada masa lalu, Stoner yang mengoleksi dua gelar juara dunia itu yakin Rossi akan memiliki peluang.

"Ia seperti saya. Jika motor tak bergantung pada elektronik, jika kecepatan hanya ditentukan pergelangan tangan pembalap yang tepat, Rossi akan tetap jadi nomor satu di lintasan," kata Stoner.

"Hanya satu pemasok ban dan elektronik yang sama untuk semua pembalap telah meratakan persaingan, menghasilkan balapan spektakuler seperti di Assen. Meski begitu, pembalap tercepat yang masih membuat perbedaan adalah Marquez," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP 2018

Posisi Pembalap Poin

1. Marc Marquez 140

2. Valentino Rossi 99

3. Maverick Viñales 93

4. Johann Zarco 81

5. Andrea Dovizioso 79

6. Cal Crutchlow 79

7. Jorge Lorenzo 75

8. Danilo Petrucci 71

9. Andrea Iannone 71

10. Jack Miller 55

11. Alex Rins 53

12. Dani Pedrosa 41

13. Alvaro Bautista 33

14. Pol Espargaro 32

15. Tito Rabat 27

16. Franco Morbidelli 19

17. Hafizh Syahrin 17

18. Aleix Espargaro 16

19. Scott Redding 11

20. Takaaki Nakagami 10

21. Bradley Smith 7

22. Mika Kallio 6

23. Karel Abraham 4

Sumber Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer