Akankah Valentino Rossi Pindah dari MotoGP ke Formula 1?

Oleh Liputan6.com pada 24 Jul 2018, 11:43 WIB
Diperbarui 24 Jul 2018, 11:43 WIB
Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (Twitter/Yamaha MotoGP)

Jakarta John Surtees hingga saat ini menjadi satu-satunya orang yang bisa memenangkan gelar juara dunia balap motor dan Formula 1. Beberapa rider MotoGP sudah mencoba menyamai rekornya tersebut.

Surtees memenangkan gelar bersama MV Agusta, empat di antaranya di kelas premier 500cc (pada tahun 1956 dan 1958-60), yang kemudian berganti nama menjadi MotoGP. Pria kelahiran Tatsfield, Inggris, 11 Februari 1934 kemudian banting setir ke Formula 1 dan memenangkan gelar pada 1964.

Dikutip Motorsport International, rider MotoGP Valentino Rossi jadi sosok yang paling mungkin mencapai rekor tersebut. Pembalap asal Italia itu telah memenangkan sembilan gelar juara dunia, enam di antaranya di ajang MotoGP.

Rossi juga menunjukkan ketertarikan pada dunia balap Formula 1 dengan menjajal jet darat Ferrari selama periode 2005-2008 di Mugello, Fiorano, Barcelona, dan Valencia. Bukan tidak mungkin, setelah pensiun dari MotoGP, Rossi bermaksud pindah ke Formula 1 dan memenangkan gelar juara dunia di sana.

Salah seorang insinyur Ferrari, Luigi Mazzola, menilai penampilan Rossi di belakang kemudi mobil Formula 1 cukup mencengangkan. Dia bahkan teringat wajah Michael Schumacher saat mempelajari hasil catatan waktu Rossi.

2 dari 3 halaman

7 Kali Kendarai Ferrari

Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (Twitter/Yamaha MotoGP)

"Saya tidak begitu ingat berapa banyak Valentino Rossi mengemudikan mobil Ferrari, tetapi saya yakin lebih dari tujuh kali. Tes pertama (tahun 2005) dia melahap 10 putaran dengan catatan waktu yang luar biasa," kata Mazzola, dikutip Motorsport, Senin (23/7/2018).

"Saya ingat Michael Schumacher tertegun begitu melihat catatan (telemetri -red) Rossi. Dia tidak mempercayainya," lanjut Mazzola.

3 dari 3 halaman

Bukan Cuma Rossi

Kegemaran Rossi menjajal Formula 1 ternyata diikuti tiga pembalap MotoGP lainnya. Mereka adalah Jorge Lorenzo mengemudikan Mercedes W05 dua tahun lalu. Sementara duo Repsol Honda; Dani Pedrosa dan Marc Marquez berkesempatan menjajal mobil F1 Red Bull / Toro Rosso di Red Bull Ring, Juni 2018 lalu. (David Permana)

Sumber Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Maverick Vinales Juara di MotoGP Emilia Romagna