Valentino Rossi: Jonas Folger Kandidat Pembalap Penguji Yamaha

Oleh Yus Mei Sawitri pada 04 Agu 2018, 13:40 WIB
Diperbarui 04 Agu 2018, 13:40 WIB
Jonas Folger
Jonas Folger (AFP/Michal Cizek)

Bola.com, Brno - Valentino Rossi menyatakan Jonas Folger merupakan salah satu kandidat pembalap penguji untuk Yamaha. Menurut Rossi, Folger memiliki kriteria yang dibutuhkan untuk masuk tim penguji Yamaha. 

"Kami membutuhkan seseorang yang tahu motor dan dia harus cepat," kata Rossi, setelah sesi latihan bebas kedua MotoGP Ceska, di Sirkuit Brno, Jumat (3/8/2018), seperti dilansir Speedweek

Membentuk tim penguji MotoGP memang merupakan permintaan khusus dari Rossi kepada Yamaha. Tuntutan tersebut bahkan sudah disuarakan Valentino Rossi sejak dua tahun lalu. Pabrikan asal Jepang tersebut diminta membentuk tim penguji yang berbasis di Eropa. 

Usulan tersebut dilontarkan Rossi saat MotoGP Assen dan Sachsenring pada 2017. Dia meminta Yamaha membentuk tim untuk menguji motor seperti yang dimiliki Ducati (Casey Stoner, Michele Pirro) dan KTM (Mika Kalillo). 

Awalnya, usulan tersebut tak kunjung mendapat respons nyata dari Yamaha. Pabrikan asal Jepang itu beralasan tak mudah menemukan pembalap bagus seperti yang diharapkan. 

Saat itu, Yamaha mempertimbangkan menggaet Pirro sebagai pembalap penguji. Namun, sang pembalap terikat kontrak panjang dengan Ducati. Rencana tersebut akhirnya ditunda. 

Sebelumnya, bos Yamaha, Lin Jarvis, mengatakan hanya ada sedikit pembalap yang menjanjikan. Dua pembalap yang kemudian dikabarkan jadi incaran adalah Bradley Smith dan Jonas Folger. Tampaknya, Valentino Rossi lebih condong memilih Folger sebagai pembalap penguji Yamaha.