Honda dan Ducati Bikin 2 Kesepakatan Khusus soal Lorenzo

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Okt 2018, 17:00 WIB
Jorge Lorenzo

Bola.com, Kuala Lumpur - Honda dan Ducati dikabarkan Speedweek, Selasa (30/10/2018), membuat dua kesepakatan khusus terkait kepindahan Jorge Lorenzo. Kesepakatan itu akan diterapkan pada tes musim dingin pertama di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 20 November. 

Lorenzo akan berganti tim pada akhir musim, setelah menerima pinangan Honda. Dia akan meninggalkan Ducati untuk bergabung dengan kompatriotnya, Marc Marquez, di Repsol Honda. 

Ada satu ganjalan terkait kepindahan itu. Kontrak Lorenzo di Ducati baru berakhir pada 31 Desember 2018. Namun, dia harus menggeber motor baru Honda pada tes di Valencia. 

Demi memecahkan masalah ini. Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, sudah bertemu dengan bos Repsol Honda, Alberto Puig. Mereka membahas detail tentang kepindahan X-Fuera. 

Hasilnya, saat menjalani tes di Valencia, dia akan menggeber motor Honda dengan corak hitam, tanpa ada logo Honda. Langkah serupa juga dilakukan Lorenzo pada November 2016, saat pindah dari Yamaha ke Ducati. 

Kesepakatan kedua terkait pernyataan Lorenzo pada konferensi pers. Pembalap Spanyol itu dlarang membandingkan performa Ducati dan Honda saat berbicara dengan wartawan sesudah tes. 

Kejadian serupa juga terjadi pada tahun lalu. Saat itu, Jorge Lorenzo juga tak boleh berbicara perbandingan motor Yamaha dan Ducati.