Sukses


Komentar 3 Pembalap Papan Atas MotoGP soal Debut Lorenzo di Honda

Bola.com, Valencia - Debut Jorge Lorenzo mengendarai motor Honda RC123V jadi satu di antara sorotan menarik pada tes MotoGP di Valencia, Spanyol, Selasa-Rabu (20-21/11/2018). 

Namun, pemilik nomor 99 tersebut tak bisa berkomentar apa pun tentang pengalaman perdananya di Repsol Honda, karena terhalang klausul kontrak. Lorenzo tak boleh mengomentari tentang Honda karena masih terikat kontrak di Ducati hingga akhir 2018. 

Dia menjalani tes tersebut dalam kondisi tak 100 persen fit. Performa Lorenzo masih terganggu cedera pergelangan tangan yang membuatnya absen dalam empat balapan beruntun. Dia baru kembali tampil pada seri terakhir di MotoGP Valencia, namun hasilnya tak maksimal, hanya menempati posisi ke-12. 

Pada tes MotoGP di Valencia dua hari berselang, Lorenzo terlihat masih berusaha beradaptasi dengan motor Honda. Dia menempati posisi ke-18. 

Hasil lebih baik ditorehkan X-Fuera pada tes hari kedua. Dia menghuni posisi ke-12. Namun, secara keseluruhan Lorenzo tertinggal 0,827 detik dari pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, yang berada di posisi teratas pada tes hari pertama dan kedua. 

Tiga pembalap papan atas, Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi, ikut mengomentari debut Jorge Lorenzo di Honda. Apa yang mereka katakan? 

 

 

2 dari 4 halaman

Komentar Marquez

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku tertarik dengan debut rekan setimnya tersebut. Dia meyakini Lorenzo bakal bisa beradaptasi dengan tunggangan barunya itu.  

"Debut itu menarik karena dia telah menjajal motor baru," kata Marquez, seperti dilansir situs MotoGP. 

"Saya rasa harus selangkah demi selangkah. Honda adalah motor yang sulit pada hari-hari pertama. Tapi dia akan bisa mengendalikannya segera," tegas Marquez. 

 

3 dari 4 halaman

Komentar Dovizioso

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, juga mengomentari kiprah Lorenzo, yang dua musim jadi partnernya. Dia menilai Lorenzo belum sepenuhnya nyaman menggeber RC123V. 

"Saya tak bersama dengan Jorge saat di lintasan. Saya hanya melihatnya melalui televisi," ujar Dovizioso. 

"Saya rasa debutnya tak buruk. Dia belum sepenuhnya nyaman untuk menggeber dan melakukan apa yang diinginkannya dengan motor baru. Tapi, saya rasa itu awal yang bagus," imbuh pembalap asal Italia tersebut. 

Namun, Dovizioso mengatakan tes itu tak bisa dijadikan apa pun. Menurutnya, jarak antara pembalap terdepan dengan rider-rider lain tak terlalu lebar. 

"Yang jadi perhatian penting adalah sensasi yang dirasakan pembalap," tegas dia. 

4 dari 4 halaman

Komentar Rossi

Mantan rekan setim Lorenzo di Movistar Yamaha, Valentino Rossi, juga ikut berkomentar tentang debut tersebut. 

"Saya melaju di belakang Lorenzo, di belakang Pecco (Francesco Bagnaia), di beladang Franco (Morbidelli), di belakang (Joan) Mir. Ketika saya melihatnya, dia (Lorenzo) tak terlihat melaju sangat cepat. Sebut saja dia belum terlihat bagus di motor itu," kata Rossi.

Menurut Rossi, cedera pergelangan tangan masih mengganggu performa Lorenzo.   

"Namun, Anda juga perlu melihat apa yang dilakukannya dengan cedera pergelangan tangan itu. Berada di posisi ke-12 dan margin kurang dari satu detik (dari pembalap terdepan) pada debut, dengan cedera pergelangan tangan. Itu hal positif bagi Lorenzo," urai Rossi. 

"Kita akan melihat dia akan kembali lagi ke lintasan di Jerez pada 28 dan 29 November. Dia akan melanjutkan proses adaptasi dari Ducati ke Honda," imbuh Rossi. 

 

Video Populer

Foto Populer