Sukses


Pindah ke KTM di MotoGP 2019, Tech3 Banjir Ejekan

Jakarta - Tech3 Racing mengambil keputusan berani saat meninggalkan Yamaha sebagai tim satelit di MotoGP 2019. Bos Tech3, Herve Poncharal mengakui keputusan untuk tinggalkan Yamaha dan gabung KTM bukan sesuatu yang mudah.

Kerja sama antara Tech3 dengan Yamaha sudah terjalin solid. Kedua belah pihak sudah bekerja sama selama 20 tahun di MotoGP.

Poncharal mengaku kerap mendapat komentar meremehkan usai memutuskan pindah tim. Padahal, dia meyakini masih bisa sukses dengan tim lain.

Bersama Yamaha, Tech 3 Racing dianggap sebagai salah satu tim satelit paling sukses di MotoGP. Mereka terhitung meraih banyak podium dan kerap memiliki rider bintang seperti Johann Zarco, Bradley Smith, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, James Toseland, Pol Espargaro, Colin Edwards, Ben Spies dan Marco Melandri.

Kini Poncharal harus kembali ke nol usai bergabung dengan KTM. Mereka akan berjuang dari awal lagi di MotoGP 2019 sebagai tim satelit KTM.

2 dari 3 halaman

Komentar Poncharal

"Ini tantangan besar. Banyak orang menertawakan kami, berpikir kami melakukan kesalahan besar. Tak hanya media massa, tapi juga orang-orang yang mengikuti kami bertanya, bahkan di Valencia usai dua hari uji coba dengan waktu terbatas akibat cuaca, 'Apa kau kecewa? Apa kau menyesali keputusanmu?' Beberapa orang tersenyum kecut dan berkata, 'Semoga beruntung, kawan'. Hal-hal semacam itu," ujarnya.

Bersama Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira, Poncharal yakin kesuksesan bakal diraih secara bertahap. "Ini kan baru permulaan. Kami harus memahami banyak hal. Tentu saya ingin rider saya ada di lima besar, tapi kami harus mengendalikan diri. Ini memang terdengar membosankan, tapi kami memang harus bekerja," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Penuh Pertimbangan

Poncharal mengaku dirinya memiliki kerja sama yang sangat baik dengan Yamaha, namun keinginannya untuk menurunkan setidaknya satu motor pabrikan selalu ditolak. Kini bersama KTM, ia justru mendapatkan dua motor RC16 spek pabrikan untuk Syahrin dan Oliveira.

"Saya banyak berpikir soal keputusan ini. Anda tak bisa memutuskan hubungan yang kami miliki dengan Yamaha, yang berlangsung selama 20 tahun, tanpa berpikir 'Apakah ini kesalahan? Apakah ini keputusan tepat?' Tapi apa yang ditawarkan KTM sungguh menyenangkan, dan usai beberapa hari bersama, segalanya sesuai dugaan saya," ungkapnya.

Ia juga mengaku sangat senang karena KTM menyediakan teknisi-teknisi terbaik untuk mereka demi membantu pengembangan RC16. "Kami sangat senang. Ada banyak wajah baru di garasi kami. KTM mempekerjakan staf baru untuk tim satelit. Sejauh ini menyenangkan, ini adalah proses yang saya harap takkan berlangsung lama, tapi kami memang punya banyak tugas di depan mata," pungkas Poncharal.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer