Valentino Rossi Ungkap Perbedaan Rider Senior dan Rookie

Oleh Aditya Wicaksono pada 18 Jan 2019, 20:45 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Milan - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyatakan kalau pengalaman adalah hal yang penting di MotoGP. Menurutnya, seorang pembalap akan semakin membuat pertimbangan matang sebelum melakukan aksi di lintasan.

Valentino Rossi menjadi pembalap tertua di MotoGP 2019. Pembalap asal Italia itu akan berusia 40 tahun pada Februari mendatang.

Mantan juara dunia MotoGP itu mengakui kalau lebih berhati-hati ketika membalap di lintasan. Ia tidak mungkin membalap dengan cara yang sembrono dan tak mengutamakan keselamatan.

"Pengalaman adalah faktor yang sangat penting dalam membalap. Seorang pembalap akan memiliki perhitungan yang matang ketika membalap karena ia sudah paham dengan karakter trek," ujar Rossi.

"Pembalap muda cenderung tidak akan mudah merasa takut untuk terjatuh. Ketika mereka terjatuh, mereka tak akan mengalami cedera yang terlalu parah karena kondisi fisiknya masih prima. Mereka akan pulih dalam waktu yang cepat."

"Hal itu berbeda dengan saya. Saya sudah pernah merasakan jatuh dan sensasi tersebut sangat terngiang sehingga saya lebih berhati-hati."

"Perbedaan yang paling utama adalah rasa takut tadi. Semakin tua, pembalap akan merasa semakin takut," ungkap Rossi.

Valentino Rossi masih memilik kontrak dengan Movistar Yamaha hingga musim 2020. Artinya, ia masih akan mewarnai MotoGP dalam dua tahun mendatang.

Sumber: More Bikes