Rossi Sebut Pembalap Jepang dan Indonesia Pemberani

Oleh Yus Mei Sawitri pada 21 Jan 2019, 08:15 WIB
Valentino Rossi, MotoGP

Bola.com, Jakarta - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengatakan pembalap-pembalap muda punya keberanian lebih besar di lintasan dibanding para seniornya. Menurut Rossi, pembalap dari Indonesia dan Jepang masuk kategori pembalap yang pemberani. 

"Setelah menjalani (balapan) bertahun-tahun, Anda lebih berhati-hati. Di Moto3 dan Moto2, pembalap-pembalapnya lebih gila," kata Rossi, seperti dilansir GP One, belum lama ini. 

"Pembalap yang pemberani? Saya rasa Jepang, Indonesia, tapi juga Inggris terutama pada lintasan basah," imbuh pembalap yang akrab disapa The Doctor tersebut. 

Rossi sudah tak muda lagi. Pada MotoGP 2019 dia sudah berusia 40 tahun. Dia akan terus membalap setidaknya hingga usia 41 karena sudah terikat kontrak dengan Movistar Yamaha hingga 2021. 

Meskipun tenaganya tak sekuat dulu, Rossi punya sesuatu yang tak dimiliki para pembalap muda, yaitu pengalaman. Dia jelas lebih hapal jenis-jenis sirkuit dibanding para rivalnya pada MotoGP 2019. 

Valentino Rossi sudah membalap di ajang balap motor lebih dari dua dekade. Rossi pun mengungkapkan kelebihan yang dimilikinya berkat pengalaman yang didapatnya selama ini di ajang grand prix. 

 

 

2 of 2

Rasa Takut

"Saya punya (pengalaman) tentu saja, seperti semua pembalap lainnya. Dengan pengalaman, Anda mengenal trek dan bekerja bagus di lintasan, meskipun pembalap yang lebih muda jelas lebih berani dan tak terlalu takut terjatuh. Selain itu jika mereka terjatuh, mereka cepat pulih," urai Rossi. 

"Seperti yang pernah saya katakan, kami semua punya rasa takut, beberapa orang ketakutannya lebih besar, ada juga yang tak terlalu besat. Itu sesuatu yang harus Anda sadari, serta sangat tergantung bagaimana Anda bereaksi," imbuh Rossi. 

Rossi masih punya ambisi besar di usianya yang sebentar lagi mencapai 40 tahun. Dia masih penasaran menggenapi gelar juara dunia miliknya menjadi 10. 

Namun, misi Rossi dipastikan tak akan mudah terwujud. Dia akan menghadapi persaingan berat melawan rival-rivalnya seperti Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, dan rekan setimnya, Maverick Vinales. 

Lanjutkan Membaca ↓