Sukses


Pemimpin Proyek Yamaha Mundur Jelang MotoGP 2019

Bola.com, Iwata - Pemimpin proyek MotoGP Yamaha, Kouji Tsuya, mengundurkan diri dari jabatannnya menjelang bergulirnya musim 2019. Posisi Tsuya akan digantikan Takahiro Sumi, yang sekarang menjadi pemimpin divisi sasis Yamaha.  

Seperti dilansir Motorsports, Selasa (22/1/2019), keputusan Tsuya tersebut kemungkinan sebagai imbas keterpurukan Yamaha di MotoGP. Pada musim 2018, Movistar Yamaha hanya membukukan satu kemenangan melalui Maverick Vinales di Phillip Island, Australia. Yamaha juga turun ke peringkat tiga klasemen konstruktor, di belakang Ducati.  

Yamaha mencapai titik nadir di MotoGP Austria. Saat itu Tsuya dipaksa meminta maaf di hadapan publik kepada Vinales dan Rossi karena mereka gagal menembus posisi 10 besar pada sesi kualifikasi. 

Tsuya menjadi pimpinan teknik Yamaha pada 2017, menggantikan Kouichi Tsuji. Namun, kiprahnya di Yamaha ditandai dengan catata buruk, terutama terkait dengan kinerja Honda dan Ducati. 

Yamaha mengalamani fase terburuk di kelas premier setelah puasa kemenangan sepanjang 25 seri, sebelum disudahi oleh kemenangan Vinales pada tahun lalu. 

Dengan mengangkat Sumi sebagai pengganti Tsuya, Yamaha berharap ada perubahan besar. Fokus utama mereka akan menemukan spesifikasi yang tepat untuk mesin baru, yang menjadi akar masalah Yamaha di MotoGP pada tahun lalu. 

 

Video Populer

Foto Populer