Ducati Dominan di Sepang, Dovizioso Emoh Remehkan Kecepatan Honda

Oleh Yus Mei Sawitri pada 12 Feb 2019, 15:30 WIB
Andrea Dovizioso, MotoGP

Bola.com, Sepang - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, enggan mengambil kesimpulan soal kecepatan Honda pada tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, 6-8 Februari 2019. Menurut Dovizioso, hasil tersebut tak bisa dijadikan patokan karena Marc Marquez dan Cal Crutchlow baru kembali setelah menjalani operasi, dan Jorge Lorenzo absen karena cedera. 

Ducati mencatatkan performa impresif, khususnya pada hari terakhir, dengan menempatkan empat pembalap di posisi terdepan. Namun, Dovizioso tak mau buru-buru jemawa atau meremehkan kecepatan Honda. 

Pada tes tersebut, kondisi Marquez belum mencapai 100 persen setelah menjalani operasi bahu. Adapun Crutchlow baru kembali ke lintasan setelah mengalami patah kaki pada MotoGP Australia 2018, pada Oktober. Selain pembalap penguju Stefan Bradl yang menggantikan Lorenzo, hanya Takaaki Nakagami pembalap Honda yang benar-benar fit di Sepang. 

"Terlalu awal untuk memahami. Tak mungkin dipahami (kekuatan Honda) karena pembalap mereka tak dalam kondisi fit," kata Dovizioso, seperti dilansir Crash. 

"Saya rasa Yamaha sedikit lebih baik. Dua pembalap mereka memulai sedikit lebih baik dibanding tahun lalu. Jadi, saya memprediksi mereka sedikit lebih kuat. Alex Rins (Suzuki Ecstar) cepat, sangat cepat. Tapi, terlalu awal (untuk menilai)," imbuh pembalap asal Spanyol itu. 

Meskipun demikian, Dovizioso mengaku dengan hasil tes di Sepang. Ducati dinilainya menunjukkan kemajuan menghadapi MotoGP 2019. 

"Saya senang karena kami mencoba semua yang kami inginkan. Ini sangat penting. Kami menemukan kondisi yang sangat bagus. Memang ini bukan kondisi yang nyata untuk balapan akhir pekan," urai Andrea Dovizioso