Sukses


4 Pabrikan Gugat Kemenangan Dovizioso di MotoGP Qatar karena Pemakaian Winglet

Bola.com, Doha - Empat pabrikan menggugat kemenangan Andrea Dovizioso pada MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). Protes dilancarkan karena motor Ducati yang ditunggangi Dovi menggunakan winglet yang dinilai sebagai komponen ilegal. 

Seperti dilansir Motorsport, pada balapan tersebut Ducati menggunakan winglet baru di depan ban belakang. Penggunaan perangkat itulah yang memicu protes dari empat tim. Perangkat itu bukan hanya digunakan Dovizioso, tapi juga rekan setimnya Danilo Petrucci. 

Keempat pabrikan yang menggugat kemenangan Dovizioso adalah Honda, Aprilia, Suzuki, dan KTM. Satu-satunya pabrikan yang tidak mengajukan protes adalah Yamaha. 

Winglet tersebut diduga bisa membantu mendinginkan ban belakang. Perangkat tersebut sebelumnya sudah diuji coba oleh Ducati pada tes pramusim MotoGP 2019. 

Direktur Teknik MotoGP sudah meminta Ducati menyerahkan komponen tersebut. Mereka akan menginvestigasi apakah komponen tersebut melanggar regulasi atau tidak. 

Protes empat pabrikan tersebut menjadi krusial karena Andrea Dovizioso berstatus pemenang balapan MotoGP Qatar 2019. Dia naik podium utama setelah memenangi persaingan sengit melawan Marc Marquez, dengan margin 0,023 detik.  

 

Video Populer

Foto Populer