Ikut Protes Perangkat Aerodinamika Ducati, KTM Tak Gugat Kemenangan Dovizioso

Oleh Yus Mei Sawitri pada 12 Mar 2019, 19:30 WIB
Andrea Dovizioso Berhasil Juarai Seri Pembuka MotoGP Qatar

Bola.com, Doha - KTM merupakan satu dari empat pabrikan yang memprotes penggunaan winglet atau perangkat aerodinamika terbaru milik Ducati yang dipasang pada motor Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller pada balapan MotoGP Qatar, Senin (11/3/2019) dini hari WIB. 

Meski ikut menggugat perangkat tersebut, KTM tak ingin mengusik status Dovizioso yang telah memenangi balapan di Sirkuit Losail tersebut. 

Ducati memasang winglet kecil di bagian depan ban belakang tiga Desmosedici GP19 yang dipakai Dovizioso, Danilo Petrucci dan Jack Miller dalam balapan. Petrucci dan Miller memakainya sejak sesi latihan pertama, sedangkan Andrea Dovizioso baru memakainya dalam sesi balap.

Direktur Motorsport KTM, Pir Beirer, mengaku sempat menemui Manajer Tim Mission Winnow Ducati, Davide Tardozzi, sebelum balapan digelar.

"Saya dan Mike (Leitner, Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing) menemui Davide pada Minggu (10/3/2019) siang. Kami bilang akan melayangkan protes jika Ducati memakai winglet itu dalam balapan dan menyatakan kami tak setuju soal perangkat itu. Ia berkata perangkat itu sesuai regulasi, tapi saya bilang empat pabrikan punya pandangan berbeda," kata Beirer, seperti dilansir Speedweek

 

2 of 2

Mendapat Protes

Winglet ini diperkirakan berfungsi mendinginkan ban belakang untuk menghindari overheating, dan juga berpotensi menghasilkan lebih banyak downforce. Bierer menyatakan hal ini telah didiskusikan secara serius dengan Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, yang menyatakan bahwa Ducati mematuhi regulasi.

"Layangan protes ini adalah konsekuensi logis. Kami percaya winglet ini memberikan perbedaan. Kami juga membicarakannya dengan Danny dan memintanya memberi tahu Ducati. Tapi Ducati sangat yakin perangkat mereka sesuai aturan. Ducati sudah menyadari sejak Sabtu (9/3/2019) bahwa mereka akan mendapat protes. Tapi mereka tetap memakainya pada Minggu," ungkap Beirer.

Uniknya, Bierer menyatakan empat pabrikan yang memprotes tak menuntut pencabutan kemenangan Dovizioso dan posisi keenam yang diraih Petrucci. Pria asal Jerman yang juga eks rider motocross ini meyakini Dovizioso masih sangat layak mendapatkan kemenangan tersebut, setelah menjalani pertarungan sengit bersama Marc Marquez dan Alex Rins.

"Kami tak cemas Ducati bakal kehilangan kemenangan Dovi. Semoga Dovi tak kehilangan kemenangan ini karena ia layak menang. Tak satu pun dari kami tertarik melihat kemenangan Dovi dicabut. Kami hanya ingin kejelasan untuk masa depan. Kami ingin klarifikasi apakah perangkat itu legal. Di area ini, regulasi harus jelas karena situasi sekarang mulai di luar kendali. Kegilaan aerodinamika harus dikurangi," imbuh dia. 

Sumber: Bola.net 

Lanjutkan Membaca ↓