Sukses


Jokowi: CEO Dorna Puji Sirkuit Mandalika Bakal Sangat Indah

Bola.com, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah berkomitmen mewujudkan pembangunan Sirkuit Mandalika. Arena balap yang berkonsep sirkuit jalan raya ini bertempat di kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan jadi salah satu venue putaran MotoGP Indonesia 2021.

Pembangunan sirkuit Mandalika ini akan dimulai pada September 2019. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pertemuan antara pemerintah dengan CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta selaku promotor MotoGP.

Pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor, Senin (11/3/2019) sore , juga dihadiri Direktur Utama Pengembangan Pariwista Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Selain menyiapkan lintasan balap, pihak ITDC juga menginginkan infrastruktur tambahan, seperti jalan tembus ke bandara dan perpanjangan runway bandara.

"Ada tanda tangan kerja sama untuk penyelenggaraan MotoGP pada 2021, kita siap menyiapkan infrasturkur," ujar Joko Widodo.

Selain kelas MotoGP, nantinya arena balap motor ini juga akan menyajikan balapan Moto2 dan Moto3.

Bukan hanya dari sisi olahraga, Sirkut Mandalika juga akan menawarkan sisi keindahan alam Indonesia. Berkonsep street race, lintasan balap ini akan dibangun di pesisir pantai Mandalika. Tentu ini akan menaikkan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata.

"Carmelo menyampaikan bahwa ini merupakan street sirkuit yang sangat indah sekali, karena mepet dengan pantai. Pantainya indah dan sirkuitnya sangat dekat dengan pantai," ujar Presiden RI ketujuh itu tentang calon venue MotoGP Indonesia 2021 seperti yang dikutip Antara

 

2 dari 2 halaman

Manfaat Ganda

Jokowi menyebut Sirkuit Mandalika sebagai tempat yang memiliki manfaat ganda.

"Berarti kita akan mendapat dua manfaat, selain olahraga juga priwisata secara brand akan terangkat, dan Mandalika akan mendapat manfaat karena investasi ini," lanjutnya.

Setelah pertemuan tersebut, Jokowi berkesempatan mencoba replika motor balap dari rider Marc Marquez. Marquez, pembalap Repsol Honda adalah jura MotoGP 2018.  

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer