Ducati Terus Berinovasi, Bos Honda Tegaskan Insinyur Honda Tak Tidur

Oleh Yus Mei Sawitri pada 29 Mar 2019, 20:30 WIB
Alberto Puig

Bola.com, Buenos Aires - Bos Honda, Alberto Puig, menegaskan timnya tak tinggal diam menghadapi inovasi yang terus dilakukan Ducati. Menurut Puig, insinyur-insiyur Honda akan bekerja keras supaya mereka tetap kompetitif di ajang MotoGP

Inovasi terbaru yang diluncurkan Ducati adalah penggunaan winglet di depan ban belakang. Perangkat tersebut diklaim Ducati berfungsi menurunkan suhu ban. 

Namun, Honda serta tiga pabrikan lain (Suzuki, KTM, dan Aprilia) berpendapat lain. Mereka menilai winglet tersebut punya fungsi menghasilkan downforce tambahan, sehingga keempat pabrikan itu mengajukan protes resmi hingga ke Pengadilan Banding FIM. Tapi, tuntutan tersebut ditolak, sehingga winglet Ducati dinyatakan legal. 

"Honda adalah perusahaan yang selalu berpikir dan mengembangkan ide baru. Tapi, saat ini kami hanya berusaha memikirkan yang terbaik," kata Puig, seperti dilansir Speedweek, Jumat (29/3/2019). 

"Tentu saja insinyur kami tidak tidur. Tapi, untuk sekarang beginilah kami. Motor kami sepertinya masih seperti saat di Qatar," sambung Puig saat disinggung rencana menggunakan winglet di MotoGP Argentina.  

 

 

2 of 2

Ekspresi Honda

Ducati dipastikan tetap bisa menggunakan winglet tersebut di motor Desmosedici GP19 pada MotoGP Argentina, serta seri-seri berikutnya. 

Apakah situasi tersebut bagus bagi Honda? 

"Kami senang telah melakukan protes dan tujuannya banding terhadap putusan pertama. Kami mengajukan protes karena melihat Ducati tak sesuai dengan regulasi," ujar Puig. 

"Tapi kami bisa menerima keputusan banding. Bagaimana pun, kami senang sebagai pabrikan bisa mengekspresikan opini tentang topik ini," imbuh dia. 

 

Lanjutkan Membaca ↓