Sukses


Sempat Kontroversial, 3 Tim MotoGP Ikuti Jejak Ducati Pakai Winglet

Bola.com, Jakarta - Honda, KTM, dan Aprilia sudah memiliki perangkat winglet yang seperti milik Ducati yang sempat menimbulkan kontroversial di MotoGP Qatar.

Komponen winglet di depan ban belakang itu diduga bisa membantu mendinginkan ban. Selain tu, winglet juga dinilai bisa menunjang aerodinamis motor.

"Kami mencoba solusi aerodinamis baru di bagian belakang. Tapi saya tidak berpikir itu membuat perbedaan besar pada suhu ban. Kedengarannya menarik, tetapi kami masih membutuhkan lebih banyak informasi dan untuk menganalisis data terlebih dahulu," kata pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Keberadaan winglet itu semula diprotes oleh Honda, Suzuki, Aprilia, dan KTM. Mereka menilai komponen tersebut hanya bisa digunakan saat hujan.

Tiga motor Ducati yang ditunggangi Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller, menggunakan winglet dalam seri tersebut dan telah diujicoba pada sesi latihan.

Namun setelah dilakukan sidang pada Selasa (26/3/2019), pengadilan banding MotoGP memutuskan winglet milik Ducati sah dan tidak menyalahi aturan.

Sementara itu, Yamaha belum memakai perangkat tersebut pada MotoGP Austin.

"Saya memberi tekanan pada Yamaha untuk membangun sesuatu seperti ini. Saya harap saya bisa mencoba sesuatu seperti itu segera. Kami tidak dapat mengharapkan keajaiban dari perangkat ini, namun itu bisa sedikit membantu," ucap Valentino Rossi.

Sumber: Fox Sport

 

Video Populer

Foto Populer