Honda Klaim Masalah yang Menghantui Marquez dan Lorenzo Sudah Kelar

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Apr 2019, 08:15 WIB
Repsol Honda, Marc Marquez - Jorge Lorenzo

Bola.com, Jerez - Repsol Honda yakin problem pada rantai yang memengaruhi performa Marc Marquez dan Jorge Lorenzo pada dua balapan terakhir, MotoGP Argentina dan MotoGP Austin, sudah ditemukan solusinya. Honda kini lebih percaya diri menatap MotoGP Jerez, Minggu (5/5/2019). 

Marquez yang lebih dulu mengalami rantai putus pada latihan bebas keempat di Termas de Rio Hondo, Argentina, alias sesaat sebelum kualifikasi. Masalah tersebut cukup mengganggu meskipun tak mengusik Baby Alien yang tetap berhasil merebut pole dan mendominasi balapan MotoGP Argentina. 

Dua pekan berikutnya di Austin Lorenzo tertimpa masalah serupa. Namun, kali ini terjadi pada awal kualifikasi kedua. Insiden itu memaksa Lorenzo berlari ke pit lane untuk mengambil motor cadangan. X-Fuera menyudahi kualifikasi di posisi ke-11.

Seperti dilansir Motorsport, Selasa (30/4/2019), sumber di Honda mengatakan akar masalahnya rantai berhenti berfungsi setiap kali motor melintas di kerb, sembari pembalap mengganti gear. Menurut sumber tersebut, Honda sudah menemukan solusinya.  

Honda enggan menjelaskan dengan detail solusi masalah tersebut. Namun, sumber tersebut mengatakan Honda sudah melakukan pergantian perangkat, sehingga yakin problem serupa tak akan terulang. 

Saking seriusnya, Honda langsung mengirim empat motor yang dipakai Marc Marquez dan Jorge Lorenzo ke kantor pusat di Jepang setelah balapan MotoGP Austin. Mereka ingin mengetahui apa yang menyebabkan mesin motor Lorenzo bermasalah sehingga gagal merampungkan balapan.