5 Fakta Unik MotoGP Jerez: Raja Valentino Rossi Hingga Rekor Dovizioso

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 04 Mei 2019, 11:01 WIB
MotoGP Catalunya, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

Jakarta - Seri keempat MotoGP 2019 bakal berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (5/5/2019). Dalam seri balapan kali ini, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso merupakan pemimpin klasemen dengan raihan 54 poin.

Dovizioso bisa memuncaki klasemen MotoGP setelah hasil buruk yang didapat Marc Marquez dalam balapan sebelumnya. Rider Repsol Honda Team itu terjatuh di Austin.

Posisi kedua, dalam klasemen MotoGP, merupakan tempat Valentino Rossi, yang hanya tertinggal tiga angka dari Dovizioso. Sementara Marquez sendiri tertinggal sembilan poin dari Dovizioso.

Marquez sudah gatal untuk kembali ke lintasan. Baby Alien, julukan Marquez, mengisyaratkan tak sabar lagi ingin menebus kegagalan di Austin pada balapan MotoGP Jerez.

"Jerez selalu menjadi balapan istimewa karena menjadi pembuka seri Eropa. Selain itu banyak dukungan dari fans Spanyol," kata Marc Marquez.

Sebelum balapan, ada lima hal menarik dari MotoGP Jerez. Simak di halaman berikutnya.

 

2 of 6

Rekor Pribadi Dovizioso

Andrea Dovizioso Berhasil Juarai Seri Pembuka MotoGP Qatar
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. (AP Photo/Hanson Joseph)

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso saat balapan di Jerez akan membuat catatan penampilan ke-200 di pentas MotoGP. Memulai balapan sejak 2008, dia telah naik podium sebanyak 53 kali.

Dovizioso dari 199 balapan yang sudah dijalaninya, mencatatkan 13 kemenangan. Pembalap berusia 33 tahun itu meraih pole position sebanyak tujuh kali.

Dia telah meraih 2.193 poin. Prestasi terbaiknya terjadi pada 2018. Musim lalu, dia finis di posisi kedua dengan mengemas 245 poin.

 

3 of 6

Catatan Buruk Dovizioso

Andrea Dovizioso
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjuarai MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). (Twitter/MotoGP)

Kendati memuncaki klasemen MotoGP dan bakal membuat rekor pribadi, Andrea Dovizioso rupanya punya catatan buruk di Sirkuit Jerez. Dalam 11 penampilannya di MotoGP Jerez, Dovizioso selalu gagal naik podium. Hasil terbaiknya adalah finis kelima.

Sejak gabung Ducati, pebalap asal Italia ini sudah enam kali balapan di Jerez. Hasilnya adalah dua kali finis kelima, masing-masing sekali finis di posisi delapan dan sembilan, serta dua kali gagal finis.

Musim lalu sebenarnya Dovizioso punya kesempatan bagus menyudahi catatan buruknya. Namun, dia gagal menyelesaikan balapan usai mengalami kecelakaan dengan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa dalam perebutan posisi dua.

4 of 6

Raja MotoGP Jerez

MotoGP - Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi memacu motornya dalam balapan MotoGP Austin di Circuit of The Americas (COTA), Senin (15/4/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Eric Gay)

Valentino Rossi masih menjadi raja MotoGP Jerez. Tercatat, dia telah memenangkan balapan di Sirkuit Jerez sebanyak tujuh kali. Belum ada pembalap lain yang mampu menyamainya.

Dua rider Repsol Honda Team saat ini, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo masih tertinggal jauh dari Rossi. Marquez baru memenangkannya sebanyak dua kali, sedangkan Lorenzo tiga kali menjadi raja MotoGP Jerez.

Rossi terakhir kali memenangkan MotoGP Jerez pada 2016. Ketika itu dia unggul dari Lorenzo (2,386 detik) dan Marquez (7,087 detik).

 

5 of 6

Peluang Marquez Samai Rossi

Marc Marquez, MotoGP
Aksi Marc Marquez saat balapan di MotoGP. (AP Photo/Peter Dejong)

Marc Marquez berpeluang menyamai rekor pole position milik Valentino Rossi di ajang MotoGP.

Saat ini, The Doctor menempati posisi kedua pembalap dengan raihan pole terbanyak di MotoGP, yaitu 55 kali. Peringkat pertama ditempati Mick Doohan dengan torehan 58 pole.

Marquez kini menempati ranking ketiga pada kategori tersebut. Baby Alien sudah 54 kali mengukir pole, kali terakhir diraih pada MotoGP Austin, dua pekan lalu.

 

6 of 6

Pole Position

Valentino Rossi
Rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi di MotoGP Qatar 2019. (Twitter/MotoGP)

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo merupakan pembalap yang paling banyak meraih pole position. Keduanya sudah lima kali merebut pole di MotoGP Jerez.

Sementara itu, mantan rider Repsol Honda Team, Dani Pedrosa mencatatkan tiga pole position di Jerez. Sayangnya, dia sudah tidak bisa meneruskan catatan tersebut karena telah memutuskan pensiun.

Lanjutkan Membaca ↓