Rossi Sulit Jelaskan Penyebab Keterpurukan di Latihan Bebas MotoGP Jerez

Oleh Yus Mei Sawitri pada 04 Mei 2019, 06:40 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Jerez - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengakui bermasalah pada latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Jerez, Jumat (3/5/2019). Namun, dia mengatakan sulit menjelaskan dengan detail penyebab keterpurukanya. 

Rossi hanya menempati posisi ke-18 pada latihan bebas pertama, kemudian berada di urutan ke-14 pada sesi FP2. Pada latihan bebas kedua, Rossi terpaut 0,772 detik dari Danilo Petrucci (Ducati) yang membukukan waktu tercepat. 

Valentino Rossi menyoroti dua hal pada sesi latihan bebas hari pertama itu, yaitu kecepatan saat balapan maupun lap tunggal. Perubahan setelan motor pada FP2 juga gagal memperbaiki kinerjanya. Rossi merasakan bermasalah saat menikung. 

"Ini hari yang sulit karena kami tahu di Jerez agak kesulitan. Pada beberapa tahun terakhir kami tak terlalu cepat. Tapi, kami berharap lebih cepat daripada tahun lalu setelah ada modifikasi motor yang sangat membantu pada tiga balapan pertama musim ini," kata Rossi, seperti dilansir Crash.

"Kami juga berharap aspal baru bisa membuat kami lebih kompetitif. Tapi, hari ini sulit. Kami mencoba beberapa hal lagi pada sore, tapi lagi-lagi tak cepat. Kecepatan saya tak fantastis," keluh pembalap asal Italia tersebut.

Rossi menilai motornya secara umum bermasalah. Tapi, dia kesulitan ketika diminta menjelaskan masalah itu secara detail. 

"Saya sulit menjelaskan problemnya secara tepat. Yang berbeda adalah perpaduan antara ban, motor, dan lintasan. Motornya seperti di Austin, bannya juga seperti di Austin, tapi di sini segalanya lebih sulit. Saya tak punya masalah khusus, tapi secara umum. Sayangnya, kecepatan kami tak cukup untuk bersaing dengan pembalap papan atas saat ini,' urai Valentino Rossi.  

 

 

 

2 of 2

Tetap Berusaha Keras

Namun, Valentino Rossi belum mau patah arang. Dia menyatakan akan berusaha keras mencari solusi masalahnya pada sesi Sabtu (4/5/2019). 

Rossi dikenal kerap bermasalah pada sesi latihan bebas, tapi kemudian tampil cemerlang saat balapan pada Minggu. 

"Saya berada di urutan bawah dan kami sedikit bermasalah. Kami tidak kuat. Sepertinya perpaduan antara M1, ban, dan trek tak fantastis," kata Rossi. 

"Tapi, ini baru Jumat. Kami punya banyak hal untuk dicoba. Kami akan bekerja sekeras mungkin. Ini akan sulit, tapi kami akan berusaha melakukan yang terbaik," imbuh pembalap yang identik dengan nomor 46 tersebut. 

 

Lanjutkan Membaca ↓