2 Momen Penyebab Rossi Terpuruk pada Kualifikasi MotoGP Jerez

Oleh Yus Mei Sawitri pada 05 Mei 2019, 09:00 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Jerez - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menempati posisi start tak ideal, yaitu ke-13, pada MotoGP Jerez, Minggu (5/5/2019). Rossi mengatakan performanya sudah membaik pada hari kedua, Sabtu (4/5/2019), tapi ada dua momen yang menghambatnya melesat pada kualifikasi.

Catatan waktu Rossi pada Sabtu lebih baik dibandingkan sesi latihan bebas Jumat (3/5/2019). Pada hari pertama Rossi hanya menempati posisi ke-18 pada FP1, serta ke-14 di FP2.

Apa yang merecoki The Doctor sepanjang Sabtu?

Momentum The Doctor terganggu karena insiden bendera merah pada FP3 setelah insiden jatuhnya Cal Crutchlow sehingga membuatnya gagal lolos langsung ke kualifikasi kedua (Q2). Setelah itu, pada akhir kualifikasi pertama ada beberapa pembalap di jalur Rossi. Akibatnya, Rossi sulit berakselerasi penuh.

"Kami menunjukkan banyak kemajuan hari ini (Sabtu), sehari sebelumnya cukup membuat frustrasi karena saya tidak cepat. Feeling saya juga tak bagus. Kami banyak kemajuan pada FP3, itu latihan yang bagus bagi saya, karena saya cepat dengan ban medium. Itu bisa jadi pilihan saat balapan."

"Ketika memakai ban lunak pertama, saya merasa nyaman. Tapi sayangnya dengan ban lunak kedua, saya membuat kesalahan. Saya sedikit rugi, dan saat itu saya di posisi ketiga. Jadi mungkin saya terlalu awal di lintasan, karena kami berhenti akibat bendera merah, dan kami memiliki strategi berbeda," imbuh Valentino Rossi.

 

2 of 2

Merasa Kurang Beruntung

Rossi membukukan catatan waktu 1 menit 37,417 detik pada FP2. Awalnya dia menyangka bisa langsung lolos ke Q2, ternyata catatan waktunya tak cukup baik.

"Saya menyangka masih di 10 besar. Sayangnya, saya terlempar dari Q2. Saya merasa kurang beruntung," ujar Rossi.

"Pada Q1 saya lap kedua saya terhambat traffic. Saya harus menyalip dan sulit menambah catatan waktu, kemudian Pecco (Francesco Bagnaia) melempar saya dari Q2," keluh Valentino Rossi.

 

Lanjutkan Membaca ↓