Reaksi Rossi Setelah Kalah Perkasa Dibandingkan Quartararo dan Morbidelli

Oleh Yus Mei Sawitri pada 05 Mei 2019, 13:15 WIB
Valentino Rossi, MotoGP Jerez

Bola.com, Jerez - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, tak menutupi keterkejutan melihat dua rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartarro dan Franco Morbidelli bakal start 1-2 pada balapan MotoGP Jerez, Minggu (5/5/2019). Menurut Rossi, motor duo pembalap tim satelit Yamaha tersebut sangat mirip dengan miliknya serta Maverick Vinales.

Hasil kualifikasi tersebut makin mengejutkan karena dua pembalap pabrikan Yamaha malah kesulitan. Vinales hanya start dari posisi kelima, bahkan Rossi tercecer di urutan ke-13. Padahal keempatnya sama-sama menggeber motor Yamaha M1.

Saat ditanya tentang gap besar tersebut, Rossi merespons dengan bercanda. "Mungkin mereka (Quartararo dan Morbidello) lebih baik daripada saya, lebih cepat daripada saya, membalap lebih baik daripada saya, mungkin mereka menyukai Jerez?" kata Rossi, seperti dilansir Crash.

Insiden seperti ini bukan hal baru. Pada musim 2017 dan 2018, Rossi dan Vinales juga kerap dipecundangi motor Yamaha Tech 3 versi lama yang ditunggangi Johann Zarco.

Namun, Rossi menegaskan ada perbedaan dengan peristiwa dua musim terakhir dengan kejadian di Jerez.

"Dari yang saya ketahui, motor Quartararo sangat mirip (dengan milik Monster Energy Yamaha). Bukan seperti milik Zarco," kata Rossi.

"Empat motor ini semuanya mirip. Saya tahu motor Franco lebih mendekati milik tim pabrikan. Dia punya perangkat lebih banyak. Tapi untuk Quartararo mesinnya, sasisnya dan segalanya sama," imbuh Valentino Rossi.

 

2 of 2

Kurang Nyaman

Pembalap Italia itu juga menyebutkan salah satu faktor yang membuat Quartararo melaju dengan mengesankan di Jerez.

"Dia bisa menikung dengan sangat alamiah. Di area itu saya merasa kurang nyaman. Saya menunjukkan peningkatan, tapi tidak fantastis dan kami harus memperbaikinya," urai Rossi.

"Saya terkejut mereka bisa start satu-dua. Tapi saya tak terkejut dengan level Franco. Saya sangat mengenalnya, begitu juga Franco. Sejak tes musim dingin mereka cepat. Jadi selamat untuk mereka," sambung Valentino Rossi.

 

Lanjutkan Membaca ↓