Quartararo dan Morbidelli Impresif, Rossi Malah Merasa Diuntungkan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 10 Mei 2019, 13:15 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Jerez - Dua pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, mengejutkan banyak pihak dengan merebut posisi start baris terdepan pada MotoGP Jerez meski tak berujung sempurna saat balapan. Menurut Valentino Rossi, performa apik dua pembalap tim satelit Yamaha tersebut sama sekali tak membuatnya terkejut. 

Rossi memiliki penjelasan mengapa keduanya bisa melaju kencang. Bahkan, kecepatan Quartararo dan Morbidelli lebih baik dibanding dua pembalap tim pabrikan Yamaha, Rossi dan Maverick Vinales saat kualifikasi.

The Doctor juga menegaskan sama sekali tak cemas dengan fenomena itu. Dia justru merasa diuntungkan dengan performa impresif Quartararo dan Morbidelli, karena bagus untuk pengembangan motor Yamaha ke depan. 

Saat balapan Quartararo akhirnya gagal finis karena motornya bermasalah, sedangkan Morbidelli finis di posisi ketujuh. Rossi menyudahi balapan di urutan keenam, adapun Vinales naik podium ketiga. 

Mengapa motor tim satelit bisa sangat kencang?

"Dalam dua tahun terakhir, Yamaha sering terpuruk di MotoGP karena perangkat baru di tim pabrikan tak berfungsi. Zarco merasakannya dua tahun. Dia memakai motor tahun sebelumnya, tappi kerapa lebih cepat daripada kami. Tentu saja, Zarco pembalap yang sangat cepat," kata Rossi, seperti dilansir Speedweeek, Kamis (9/5/2019). 

"Perangkat lawas kerap lebih bagus daripada yang baru. Sekarang situasi lebih jelas. Empat motor di tim pabrikan dan di tim Petronas sangat mirip," urai Valentino Rossi.  

 

 

2 of 2

Pengembangan Motor

Rossi juga menjelaskan alasan motor Quartararo dan Morbidelli terlihat sangat kencang di Jerez, meskipun tak membuat keduanya meraih hasil maksimal. 

"Quartararo selalu sangat-sangat cepat, karena dia membalap dengan sempurna. Dia tercepat saat kualifikasi dan akan finis kedua saat balapan atau ketiga dalam skenario terburuk, jika motornya tak bermasalah," ujar Rossi. 

"Fabio juga bisa finis sebagai pembalap Yamaha terbaik. Dia bagus. Rasanya akan sulit mengalahkannya pada masa depan. Tapi, sekarang kami untung karena empat motor kami setara. Itulah sebabnya masa depan pengembangan motor kami akan lebih mudah," imbuh pembalap asal Italia tersebut. 

 

Lanjutkan Membaca ↓