Lorenzo Masih Kesulitan di Honda, Begini Tanggapan Dovizioso

Oleh Yus Mei Sawitri pada 10 Mei 2019, 18:20 WIB
Andrea Dovizioso

Bola.com, Jerez - Jorge Lorenzo masih terseok-seok karena belum berhasil beradaptasi dengan motor barunya di Honda. Namun, fakta tersebut tak membuat pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, memandang sebelah mata mantan rekan setimnya tersebut. 

Pergi dari Ducati pada akhir tahun lalu, Lorenzo belum juga menyatu dengan RC213V. Salah satu penghalang adaptasi Lorenzo adalah berbagai cedera yang dialami selama musim dingin. Akibat rangkaian cedera ini, ia jadi sempat absen dari uji coba Malaysia, dan tak maksimal tampil di motor RC213V.

Pada MotoGP Jerez, Minggu (5/5/2019), Lorenzo mulai menunjukkan tanda-tanda kemajuan di sesi latihan. Sayang, ia terjatuh pada sesi Kualifikasi 2 (Q2) dan sejak itu performanya menurun lagi, bahkan hanya finis ke-12 saat balapan.

Lorenzo juga sempat butuh waktu 1,5 tahun untuk beradaptasi dengan motor Desmosedici, sebelum merebut tiga kemenangan dengan gaya dominan tahun lalu. Fakta-fakta itu yang membuat Dovizioso yakin Lorenzo bisa bangkit di Honda. 

"Entah apa yang bisa saya perkirakan dari Jorge. Ia mengalami momen naik turun. Tapi ia terbukti bisa sangat cepat setelah mengalami masalah. Di lain sisi, setelah bekerja sama dengannya di Ducati selama dua tahun, ia punya metode kerja yang tak bisa saya pahami," ujar Dovizioso, seperti dilansir La Gazetta dello Sport, Jumat (10/5/2019). 

Dovizioso juga tak memungkiri masa adaptasi pebalap dengan motor baru terkadang memang membutuhkan waktu lama. Meski begitu, ia yakin Lorenzo bisa memberikan kejutan kapan saja. Runner up MotoGP 2017 dan 2018 ini mengaku akan selalu mempersiapkan diri menghadapi kembalinya Lorenzo.

"Adaptasi bisa butuh waktu lama. Tapi ia bisa saja bermasalah, dan tiba-tiba berada di depan, mengacaukan semua. Saat itulah ia jadi juara yang sesungguhnya. Ia memang belum bisa bekerja dengan baik di Honda. Tapi ini bukan berarti ia takkan bisa kembali ke papan atas dan menjadi rival yang tangguh," imbuh Dovi.

Dalam empat seri pertama musim ini, Jorge Lorenzo hanya mampu finis di posisi ke-13 di Qatar, ke-12 di Argentina dan Jerez, dan gagal finis akibat masalah elektronik di Austin. Saat ini dia menghuni peringkat ke-14 pada klasemen MotoGP 2019 dengan raihan 11 poin.

Sumber: Bola.net