Jokowi Targetkan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Rampung pada 2020

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Mei 2019, 14:55 WIB
Proyek Sirkuit Mandalika Lombok

Bola.com, Lombok Tengah - Presiden Joko Widodo meminta semua sarana dan prasarana untuk mendukung pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia segera dikerjakan. Dia menargetkan pembangunan Sirkuit Mandalika rampung pada 2020.   

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat mengujungi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (17/5/2019). Menurut Jokowi, untuk mendukung pembangunan sirkuit MotoGP, Presiden Jokowi berharap semua segera bisa dikerjakan, mulai bandara hingga jalan menuju lokasi sirkuit.

"Nanti akan di bangun by pass, gede banget melebihi tol, karena lebarnya 50 meter. Nanti dilihat gambarnya sudah ditunjukkan ke saya," ujar Jokowi, seperti dilansir Antara

Menurut presiden, ditargetkan pada 2020 seluruh fasilitas untuk MotoGP siap digunakan. Kemudian pada 2021 MotoGP Indonesia sudah bisa diselenggarakan seperti rencana awal.

"Nanti untuk pembangunan bandara, jalan, itu dari kita semua. Kita yang ingin selesaikan. Itu bukan untuk MotoGP saja. Tapi memang, ini akses yang paling bagus masuk ke Mandalika, sehingga perkembangan Mandalika bisa menjadi Bali Baru," jelas Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap pembangunan Sirkuit Mandalika menjadi titik awal pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat bisa memberikan dukungan kepada ekonomi nasional dan NTB.

"Kita harap kalau sirkuit terbangun dapat memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Sirkuit Mandalika bakal menjadi venue MotoGP Indonesia yang akan masuk kalender balap 2021. Rencananya, Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di ajang MotoGP.